Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hewan Air Dari Zaman Purba Yang Hidup Sampai Sekarang

Berikut adalah hewan - hewan air yang bertahan hidup dari zaman purba sampai sekarang masih dapat dilihat. Mereka telah berhasil beradaptasi dari zaman ke zaman.

1. Udang Tadpole (Lepidurus apus)
Hewan ini hidup pada air tawar dengan kedalaman 10 - 100 cm. Panjang tubuhnya 4,2 - 6 cm, diperkirakan telah ada sejak 70 tahun yang lalu.
Lepidurus apus
2. Kepiting Tapal Kuda (Tachypleus gigas)
Hidup diperairan dangkal dan kawasan mangrove. Memiliki panjang tubuh 60 cm serta lebarnya 25 cm, itu merupakan ukuran tubuh pada saat dewasa. Diperkirakan telah ada sejak 360 juta tahun yang lalu.
Tachypleus gigas
3. Ikan Sturgeon
Ikan ini hidup pada perairan tawar, dengan ukuran 2 - 3,5 meter yang diperkirakan telah ada sejak 245 juta tahun yang lalu.
Ikan Sturgeon
4. Ikan Palmas/Belut Dinosaurus (Polypterus senegalus)
Ikan ini hidup pada perairan tawar di wilayah tropis Afrika. Mempunyai ukuran sekitar 35,5 cm, diperkirakan telah ada sejak 100 juta tahun yang lalu.
Polypterus senegalus
5. Sea Lamprey (Petromyzon marinus)
Ikan yang seperti belut ini hidup pada perairan asin/laut namun ada juga yang hidup pada perairan tawar. Ikan lamprey mempunyai ukuran panjang 120 cm yang hidup sebagai parasit. Ikan ini sanggup hidup sampai kedalaman 4000 meter. Diperkirakan telah ada sejak 360 juta tahun yang lalu.
Petrimyzon marinus
6. Ikan Coelacanth
Ikan purba ini hidup pada air laut, merupakan salahsatu hewan yang terancam punah. Mempunyai panjang sekitar 1,2 meter. Diperkirakan telah ada sejak 66 juta tahun yang lalu.
Ikan Coelacanth
7. Lancet Fish
Ikan lancet hidup di lautan pada kedalaman 1,8 km. Memiliki panjang tubuh 215 cm - 2 meter. Diperkirakan telah ada sejak 250 juta tahun yang lalu.
Ikan Lancet
8. Nautilus
Hewan yang berbentuk seperti keong ini hidup di lautan pada kedalaman 800 meter. Memiliki ukuran 25 cm - 2,5 meter. Diperkirakan telah ada sejak 500 juta tahun yang lalu.
Nautilus
9. Frilled Shark (Chlamydoselachus anguineus)
Ikan hiu unik ini hidup di lautan dengan kedalaman 1,57 km. Hewan ini memiliki panjang sekitar 2 meter. DIperkirakan telah ada sejak 100 juta tahun yang lalu.
Chlamydoselachus anguineus
10. Hiu Goblin
Ikan hiu yang memiliki moncong panjang ini hidup pada kedalaman 1,3 km di perairan lautan. Memiliki panjang 3 - 4 meter, diperkirakan telah ada sejak 125 juta tahun yang lalu.
Ikan Hiu Goblin
Sumber : Ikan Purba

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Hewan Air Dari Zaman Purba Yang Hidup Sampai Sekarang"