Sunday, February 10, 2013

Apa itu...Penyuluhan Perikanan??

Sebelumnya saya mohon maaf, bukan maksud menggurui tapi niat saya hanya sekedar sharing. Bila ada kesalah mohon dikoreksi ya...... Mari kita mulai dari kata penyuluhan itu sendiri. 

Penyuluhan adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dalam mengakses informasi informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumber daya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup (UU No. 16 Tahun 2006 Tentang SP3K). Nah lo...panjang kan? itu baru pengertian penyuluhan, sekarang pengertian perikanan.
Kegiatan Penyuluhan
Kegiatan Penyuluhan

Perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan. Sumberdaya hayati perairan tidak dibatasi secara tegas dan pada umumnya mencakup ikan, amfibi dan berbagai avertebrata penghuni perairan dan wilayah yang berdekatan, serta lingkungannya. Di Indonesia, menurut UU RI no. 9/1985 dan UU RI no. 31/2004, kegiatan yang termasuk dalam perikanan dimulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan. Dengan demikian, perikanan dapat dianggap merupakan usaha agribisnis. jadi kira - kira penyuluhan perikanan apa dong?? 

Menurut Sumardi Suriatna penyuluhan perikanan adalah Proses pembelajaran dalam rangka peningkatan kapasitas kemampuan para pelaku utama dan pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan untuk mengorganisasikan dirinya dalam mengembangkan bisnis perikanan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya dengan tetap memperhatikan pelestarian fungsi lingkungan hidup. sekarang udah pada tau kan?....

1 komentar: