Wednesday, January 8, 2014

Teknik Kultur Daphnia

Daphnia sp adalah jenis pakan alami yang sering digunakan untuk pemenuhan pakan ikan air tawar pada usia larva dan industri ikan hias (Delbare dan Dheart, 1996). Hewan ini termasuk pada subordo Cladocera, yaitu jenis krustacea yang berukuran kecil. Sebutan lain Daphnia sp oleh praktisi ikan hias adalah kutu air.
Daphnia sp

Jenis zooplankton ini biasa hidup di perairan tawar, ditemukan mulai dari perairan tropis hingga artik. Di perairan alam ditemukan ada 50 spesies, namun hanya enam spesies yang ditemukan di daerah tropis. Jenis ini dapat hidup mulai dari perkolaman ukuran kecil hingga danau air tawar yang berukuran luas. Reproduksi dilakukan secara parthenogenesis dan seksual. Pada usia lima hari, induk Daphnia sp akan mulai beranak, dengan jumlah 10 – 28 individu per induk.

ALAT DAN BAHAN
Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam budidaya daphnia adalah sebagai berikut :
Alat
Bahan
Akuarium
Aerator
Selang Aerasi
Batu Aerasi
Kain Strimin
Mikrokop
Cawan petri
Alat penghitung
Pipet
Air bersih
Kotoran ayam


LANGKAH KERJA KULTUR DAPHNIA
Langkah kerja yang dilakukan dalam kultur daphnia adalah sebagai berikut :
  1. Masukkan air kedalam akuarium dengan volume 100 liter.
  2. Pada kelompok I media yang dilakukan untuk kultur daphnia adalah kotoran ayan dengan dosis 100 gr/100 liter.
  3. Timbang kotoran ayam, kemudia masukan kedalam kain trilin dan diikat agar tidak tercecer kemana – mana.
  4. Masukkan kotoran ayam yang telah dibungkus dengan kain trilin kedalam air yang ada diakuarium.
  5. Remas – remas kain trilin yang berisi kotoran ayam dengan tangan agar sari – sari kotoran ayam keluar.
  6. Setelah air media berwarna coklat, air media didiamkan selama 1 hari.
  7. Setelah didiamkan 1 hari kemudian masukkan bibit artemia kedalam air media. Bibit daphnia yang dimasukkan kedalam akuarium adalah 1000 ekor.

Panen dilakukan setelah berumur 7 hari dari penebaran bibit dengan daphnia yang dihasilkan berjumlah 5.824 ekor. Adapun cara penghitungan yang dilakukan dengan cara volumetric menggunakan  gelas minum plastic yang bervolume 240 ml caranya sebagai berikut :
Ambil air sampel yang berisi daphnia sebanyak 240 ml sebanyak 2 kali. Pada pengambilan pertama daphnia yang diperoleh sebanyak 13 ekor dan pada pengambilan kedua sebanyak 15 ekor sehingga rata – ratanya adalah 14 ekor. Volume air yang digunakan untuk mengkultur daphnia sebanyak 100 liter (100.000 ml), sehingga daphnia yang dipanen adalah 100.000 ml/240 ml = 416 gelas. 416 gelas x 14 ekor = 5824 ekor. Jadi daphnia yang dipanen totalnya mencapai 5824 ekor.

Semoga Bermanfaat...

Sumber : Hartati, Sri. 1986. Kultur Makanan Alami. Direktorat Jendral Perikanan dan Internasional Development Research Centre. Jakarta.

0 komentar:

Post a Comment