Friday, June 8, 2018

Jenis - Jenis Ikan Air Laut Ekonomis Penting [Bagian 15]

Jenis ikan air laut yang memiliki ekonomis penting di perairan Indonesia sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa jenis ikan air laut yang memiliki nilai ekonomis penting yang telah dirangkum. Untuk melihat tulisan sebelumnya dapat dilihat pada tautan dibawah artikel ini.

71. Biji nangka , Upheneus molluccensis
Ikan biji nangka [sumber]
(Mullidae); hidup di perairan pantai pada kedalaman antara 10-80 m, bergerombol besar, termasuk ikan buas, makanannya organismeorganisme dasar yang masih hidup, dapat mencapai panjang 25 cm, umumnya 15 cm. Tergolong ikan demersal, penangkapan dengan pukat dasar (trawl), macam-macam perangkap, macam-macam pukat tepi, cantrang dan sejenisnya, dipasarkan dalam bentuk segar, asin-kering, harga murah. Daerah penyebaran; perairan pantai seluruh Indonesia, ke utara sampai Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang Laut Cina Selatan, Philipinna, ke selatan sampai pantai utara Australia dan AfrikaTimur.

72. Kuniran, Upheneus tragula
Ikan kuniran [sumber]
(Mullidae); hidup di perairan pantai sampai kedalaman 40 m, menyendiri, membentuk gerombolan, makanannya binatang-binatang yang hidupnya di dasar, dapat mencapai panjang 28 cm, umumnya 20 cm. Tergolong ikan demersal, penangkapan dengan trawl, cantrang dan sejenisnya, macam-macam pukat tepi, sero, dipasarkan dalam bentuk segar, asinkering, harga murah. Daerah penyebaran; perairan pantai, karang-karang seluruh Indonesia dan perairan Indo-Pasifik lainnya.

73. Kerondong , Gymnothorax undulatus
Ikan kerondong [sumber]
(Muraenesocidae); hidup didasar, karangkarang, termasuk ikan sangat buas, predator, makanannya ikan dan binatang-binatang dasar, dapat mencapai panjang 180 cm, umumnya 75-100 cm. Tergolong ikan demersal, perairan karang, penangkapan dengan pancing, bubu, jaring klotok, dipasarkan dalam bentuk segar, ikan hias, ikan konsumsi, harganya mahal. Daerah penyebaran; terdapat diperairan karang, perairan pantai di seluruh Indonesia.

74. Remang, Congresox talabon
Ikan remang [sumber]
(Muraenesocidae); hidup didasar sampai kedalaman 100 m, juga di muara-muara sungai, termasuk ikan buas, predator, pemakan organisme dasar, dapat mencapai panjang 200 cm, umumnya 100-150 cm. Tergolong ikan demersal, penangkapan dengan pancing, bubu, pancing rawai terutama pada malam hari, dipasarkan dalam bentuk segar, harga murah. Daerah penyebaran, perairan pantai, lepas pantai, karang-karang diseluruh Indonesia, melebar di sepanjang pantai Samudera Hindia, Philipinna, Laut Cina Selatan.

75. Kurisi (Kambayan), Nimipterus hexodon
Ikan kurisi [sumber]
(Nemipteridae); hidup di perairan pantai sampai kedalaman 100 m, bergerombol, makanannya organisme dasar (cacing, udang, cumi-cumi dan ikan-ikan kecil), dapat mencapai panjang 30 cm, umumnya 15-25 cm. Tergolong ikan demersal, penangkapan dengan pukat dasar (trawl, beach seine), pancing, cantrang dan sejenisnya, pukat tepi, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, harga murah. Daerah penyebaran; terutama Laut Jawa, pantai timur Sumatera, sepanjang Kalimantan, Sulsel, Arafuru, ke utara meliputi Teluk Siam, sepanjang pantai Laut Cina Selatan, Philipinna.

Sumber : Pengenalan jenis - jenis ikan air laut. Abdul Samad Genisa. 1999

Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment