Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Organ Pernapasan Udara Pada Ikan

Umumnya dijumpai pada ikan-ikan yang hidup diperairan bersuhu tinggi, stagnan dan miskin oksigen. Pengelompokan organ pernapasan ini umumnya dikaitkan dengan bagian-bagian dari saluran pencernaan. 
Alat pernafasan tambahan pada ikan lele
Organ –organ tersebut adalah :
  1. Pada rongga branchial yang terdiri dari : seperti pada ikan hypopomus sp , divercula branchial seperti pada ikan saccobranchus ,dan labyrinth seperti pada ikan anaba testudineus , helostoma temincki. Pada rongga Bucco- pharing . contoh pada Amphibius sp , Ophicephalus sp.
  2. Pada eosophagus yang terdiri dari : a) Gelembung gas yang terdiri dari holostees seperti pada amia sp , Teleostei seperti pada Heterotis sp, Arapaima sp , Gymnarchus sp, lebiasina sp dan Umbra sp. b) Paru - paru terdapat pada ikan polyteridae seperti Polypterus sp, calamuichthys sp dan Dipnoi seperti neoceratodus sp , protopterus sp, dan lepidosiren sp. Saluran udara ke paru-paru berasal dari eosophagus bagian bawah. Hal ini berlawanan dengan saluran udara yang menuju gelembung renang.
  3. Pada lambung ; pada ikan yang menggunakan lambung sebagai alat pernafasan tambahan seperti dinding lambung tipis, banyak ditemukan pembuluh darah , dan kelenjar gastric tidak ada. Misal pada ikan ancitrus sp.
  4. Pada usus ; udara masuk melalui mulut kemudian keluar lewat anus. Pada saat melewati usus sebagian dari oksigen diikat oleh pembuluh darah pada usus. Misal pada ikan Cobitis sp, Misgurnus sp.
Sumber : Buku Dasar - Dasar Budidaya Perairan

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Organ Pernapasan Udara Pada Ikan"