Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kapal Pukat Hela

Kapal Pukat Hela (trawler) adalah kapal yang didisain untuk menghela pukat hela di belakang kapal. Umumnya kapal-kapal pukat hela memiliki geladak kerja di buritan kecuali untuk kapal hasil modifikasi dari kapal lain (kapal-kapal niaga) yang digunakan untuk mengoperasikan kapal pukat hela samping (side trawl). Kapal pukat hela belakang (Stern trawl) dan kapal pukat hela samping dapat digunakan untuk mengoperasikan trawl dasar, pertengahan dan permukaan.

Bangunan atas (superstructure) ditempatkan di haluan dan geladak kerja di buritan. Gallows ditempatkan di tiang buritan juga dilengkapi dengan dewi-dewi otterboard (stern gantry) untuk mengoperasikan otter board. Ada juga kapal pukat hela yang dilengkapi dengan net drum dan gilson-winche untuk menggulung jaring trawl dan menangani hasil tangkap. Umumnya kapal pukat hela dilengkapi dengan dua buah gallows dengan towing block yang dipasang di tiang buritan sebagai block penghantar towing warp saat dioperasikan.

Kapal pukat hela melaksanakan seluruh tahapan operasi penangkapannya dilakukan di buritan. Kapal pukat hela dapat bekerja sendiri-sendiri atau ganda (pair trawler) untuk mengoperasikan pukat hela pertengahan atau pukat hela dasar. Hasil tangkapan ada yang langsung ditangani di atas dek dan untuk kapal-kapal kapal pukat hela yang berukuran besar di lakukan di bawah dek (working spaces).

KAPAL PUKAT HELA BELAKANG (Stern Trawl)
Jenis kapal ini dapat berukur-an hingga 200 GT. Kapal-kapal berukuran ≥ 300 GT dilengkapi dengan slip way dan roller di buritan, yang berfungsi sebagai alur pukat hela dari dan ke kapal.
Pukat hela belakang

KAPAL PUKAT HELA SAMPING (Side Trawl)
Kapal Pukat Hela Samping adalah kapal yang didisain untuk mengoperasikan pukat hela dari samping terutama saat tahapan setting dan hauling. Sedangkan tahapan towing dihela di belakang kapal seperti pada umumnya kapal-kakal Pukat Hela lainnya.
Pukat hela samping

KAPAL PUKAT HELA RIG GANDA (Double Rigger Trawl)
Kapal Hela rig ganda (double rig trawl — out rigger trawl) atau dikenal juga dengan pukat udang, didisain untuk menghela dua atau lebih pukat hela untuk menangkap udang di belakang kapal melalui dua buah rig yang dipasang menjorok ke kiri dan kanan lambung kapal.
Pukat hela rig ganda

Sumber : Supardi Ardidja. Kapal Penangkap Ikan. Sekolah Tinggi Perikanan Teknologi Penangkapan Ikan. Jakarta. 2007

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Mengenal Kapal Pukat Hela"