Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fertilization Rate (FR) Pada Ikan dan Rumusnya

Fertilization rate (FR) merupakan prosentase telur yang terbuahi dari jumlah telur yang dikeluarkan pada proses pemijahan. Dalam percobaan yang dilakukan, FR rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 78,93%. Nilai tersebut tergolong tinggi sesuai dengan pernyataan Taufiq (2010), presentase telur ikan yang terbuahi diatas 50% tergolong tinggi, sedangkan 30-50% tergolong sedang dan dibawah 30% tergolong rendah. Telur yang tidak dibilas dengan tanah liat menunjukkan nilai yang tidak berbeda jauh
dengan telur yang dibilas dengan tanah liat yaitu sebesar 70,19%.

FR yang tinggi diduga karena pemberian hormon HCG dan ovaprim. Manantung et al. (2013) menyatakan bahwa ovaprim adalah campuran analog salmon Gonadotrophin Releasing Hormon (sGnRH-a) dan anti dopamine. Ikan patin siam yang disuntikkan ovaprim dengan dosis sebesar 0,6 ml/kg dapat meningkatkan konsentrasi hormon gonadotropin didalam darah sehingga dapat merangsang perkembangan telur serta mempercepat proses ovulasi, sedangkan pemberian HCG salah satunya adalah bertujuan untuk menyamakan kematangan gonad atau telur. Tidak terdapat perbedaan yang jauh antara telur yang dibilas dengan tanah liat dan yang tidak dibilas dengan tanah liat karena pembilasan dengan menggunakan tanah liat dilakukan setelah telur difertilisasikan. 

Rumur Fertilization Rate
Effendie (1979) menyebutkan bahwa untuk mengetahui derajat fertilisasi telur ikan dapat menggunakan rumus sebagai berikut:
Sumber : Pembenihan Ikan Mas Merah NAJAWA

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Fertilization Rate (FR) Pada Ikan dan Rumusnya"