Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembuatan Tepung Telur Secara Sederhana

Selain secara industri, pembuatan tepung telur pun dapat dilakukan pada skala rumah tangga dengan cara yang lebih sederhana. Beikut langkah - langkah pembuatan tepung telur secara sederhana.
Tepung telur
Bahan:
Telur ayam, ragi roti, timbangan.

Prosedur kerja:
  1. Pilih telur ayam yang mutunya baik dengan ukuran seragam.
  2. Cuci dengan air hangat untuk membersihkan kulit telur dari kotoran. kemudian tiriskan
  3. a. Untuk membuat tepung telur utuh: pecahkan telur dan lakukan pencampuran. b. Untuk rnembuat tepung putih telur dan tepung kuning telur, pecahkan telur dan pisahkan bagian kuning dengan putihnya. Lakukan pencampuran untuk masing-masing bagian secara terpisah. Pencampuran dilakukan dengan mengocok isi telur menggunakan mixer, sampai isi tercampur rata.
  4. Keluarkan pecahan kulit telur yang terbawa kedalam cairan telur, dan bahan-bahan yang tidak tercampur lainnya. 5.
  5. Pasteurisasi cairan telur pada suhu 64-65'C selama 3 menit. Khusus untuk cairan putih telur, turunkan dulu pHnya sebelum difermentasi (tambahkan asam sitrat atau asam laktat sampai pH cairan putih telur menjadi 7.0).
  6. Tambahkan ragi roti (khamir Saccharomyces cereviseae) sebanyak 0.2- 0.4% (wlw) ke dalam cairan telur, dan aduk agar penyebaran kamir merata. Diarnkan (fermentasi) pada suhu ruang (30 derajat C) selama 2-3 jam.
  7. Sementara itu, oleskan minyak pada loyanglwadah yang akan dijadikan sebagai wadah pada proses pengeringan cairan telur. Cairan telur kemudian ditungkan kedalam loyang tenebut, dengan tebal lapisan sekitar 6 mm. Lakukan proses pengeringan menggunakan oven pada suhu 45- 50% selama 6-16 jam.
  8. Tepungkan flake yang diperoleh dengan menggunakan hammer mill atau blender kering. 9. Kemas segera dalarn kantung plastik. Hindarkan kontak yang terlalu lama dengan udara. 
Sumber : IPB

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Pembuatan Tepung Telur Secara Sederhana"