Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fekunditas Ikan Sepat Siam

Jumlah telur ikan sepat siam yang telah masak dalam suatu ovari sebelum dikeluarkan pada waktu ikan sepat siam memijah, dinamakan fekunditas individu, fekunditas mutlak atau fekunditas total. Fekunditas individu akan sukar diterapkan untuk ikan-ikan yang mengadakan pemijahan beberap kali dalam setahun karena mengandung telur dari berbagai tingkatan. Sedangkan fekunditas relatif adalah jumlah telur persatuan berat atau panjang ikan (Effendie, 2002).
Sarang ikan sepat siam terdiri dari busa yagn dibuat oleh jantan
Telur yang dikeluarkan oleh ikan sepat siam betina berkisar atara 7.000 sampai dengan 8.000 butir, tetapi biasanya yang menjadi benih hanya sekitarr 4.000 ekor. Ini mungkin karena tidak semua telur dibuahi oleh sperma jantan atau karena ada sebagian telur yang tidak menetas. Namun bisa juga benih-benih tersebut mati karena tidak tahan terhadap keadaan lingkungannya. Seperti ikan gurami ikan sepat siam ini juga memiliki telur yang mengapung karena mengandung globul minyak. Telur-telur yang sehat akan berwarna kuning atau berwarna kuning keputihan. Dan biasanya akan menetas pada 36-48 jam terhitung setelah pembuahan. Kantong kuning telur tempat makanan larva yang pertama kali akan habis diserap dalam jangka waktu yang agak lama yaitu sekitar 3-7 hari. Ikan sepat siam dapat di pijahkan tanpa mengenal waktu pemijahan sehinga memunkinkan produksi benih melimpah sepanjang tahun. Ikan sepat siam menyimpan telur-telurnya dalam sebuah sarang busa yang dijaga oleh indukan jantan. Setelah menetas, anakan dari ikan sepat siam diasuh oleh induk jantan hingga dapat mencari makanan sendiri (Amri, 2006).

Diameter Telur Ikan Sepat Siam (Tricogaster pectoralis)
Fekunditas dan diameter telur ini prosedur  yang digunakan adalah dengan menghitung telur per bagian mulai dari anterior, tengah dan posterior, yang mana telur tersebut sudah diawetkan dengan formalin. Tentukan tahap kematangan ovary menurut Cassei, Nikolski dan Kasteven. Kemudian hitung nilai fekunditas setiap ovari dengan metode volumetrik dan gravimetrik dan ukur diameter beberapa telur yang didapatkan kemudian timbang berat gonad ikan sepat siam dan tentukan nilai fekunditasnya (Cahyono, 2001).

Sifat telur ikan sepat siam adalah berada pada gelembung-gelembung busa yang telah dibangun oleh induk jantan. Telur ikan sepat siam berbentuk bulat, berwarna bening, berdiameter 0,6-0,9 mm, dan berbobot 0,08-0,15 mg. Ukuran telur bervariasi, tergantung dari umur dan ukuran atau bobot induk. Embrio akan tumbuh di dalam telur yang telah dibuahi oleh spermatozoa (Murtidjo, 2001).

Sumber : Budidaya Ikan Sepat Siam

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Fekunditas Ikan Sepat Siam"