Monday, March 24, 2014

Cara Pembuatan Lele Crispy

Lele adalah ikan yang sampai saat ini cukup banyak penggemarnya, mungkin hanya sedikit orang yang tahu dari sekian banyak olahan lele. Biasanya yang kita tahu adalah olahan lele yang biasa seperti pecel lele, lele bakar ataupun goreng. apabila anda bosan dengan olahan ikan lele yang itu - itu saja, berikut saya sampaikan resep Lele Crispy.
Fillet Lele Crispy

Bahan Adonan Tepung Crispy :
Campur semua bahan sampai merata (Homogen)


Bumbu Untuk Rendaman Fillet Lele :
Semua Bumbu dihaluskan

Cara Membuat :

  1. Fillet ikan lele agar didapat daging ikan lele tampa duri.
  2. Rendam lele yang sudah difillet ke bumbu rendaman kira - kira 10 menit agar bumbu dapat meresap ke fillet lele.
  3. Tepung crispy yang sudah tercampur, ditaruh kedalam 2 baskom plastik (Tepung I dan Tepung II)
  4. Ambil potongan fillet lele yang sudah direndam kemudian tiriskan.
  5. Masukkan kedalam tepung crispy yang pertama sampai merata.
  6. Kemudia masukkan kedalam adonan telur (Telur : Air = 1 telur : 0,5 gelas air).
  7. Setelah dimasukkan kedalam adonan telur selanjutnya adalah memasukkan kedalam adonan tepung crispy yang kedua.
  8. Penggorengan dilakukan apabila minyak goreng telah panas dengan api kecil. Selain hal tersebut diatas pada tahap penggorengan yang perlu diperhatikan adalah posisi kulit ikan ditaruh dibawah sedangkan daging ikan yang timbul crispynya ditaruh pada posisi diatas. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan bentuk crispy yang telah terbentuk tidak rusak pada saat penggorengan.

Terbentuk adonan crispy ada titik kritis yang perlu diperhatikan yaitu pada tahap ini. Hal - hal yang perlu diperhatikan supaya terbentuknya crispy adalah :


  • Tiriskan terlebih dahulu potongan fillet setelah diangkat dari adonan telur.
  • Masukkan potongan ikan kedalam adonan tepung II secara bertahap, setiap tahap 2 - 3 potong.
  • aduk secara perlahan dari bawah keatas dengan putaran yang sama secara terus - menerus sampai terbentuknya crispy.
  • bila telah terbentuk adonan crispy langsung digoreng sesuai ketentuan tahap penggorengan.
  • tahap membentuk adonan crispy selanjutnya dilanjutkan sampai potongan fillet ikan lele hasis.
Sumber : Materi Pengolahan Hasil Perikanan, BPPP Tegal

Semoga Bermanfaat...

2 komentar:

  1. Bagi yg mau buka usaha rumahan Fillet Lele, saya bisa suplai 1-2 ton lele segar tiap minggu (7-8 ekor/kg), kolam saya berlokasi di Cisauk, Tangerang. Saya membudidayakan lele dgn sistem bioflock yaitu, pemberian pakan dgn 100% pelet pabrikan, lele kami mengandung Omega3 dan Albumin yg tinggi, Hub: 0812-8277 2975 Bpk. Lisman

    ReplyDelete
  2. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    ReplyDelete