Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motor Diesel 4 Langkah

Motor bakar empat langkah adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat langkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga dan langkah buang. Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol (crankshaft) per satu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel.

Motor Diesel 4 Langkah

Menurut Nakoela (1985) motor diesel 4 langkah prinsip kerjanya adalah :

1. Langkah Pemasukan
Katub masuk terbuka dan torak bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju ke titik mati bawah (TMB) maka campuran udara dan bahan bakar mengalir masuk ke dalam silinder.
Langkah Isap
2. Langkah Kompresi
Katub masuk tertutup dan torak bergerak menekan campuran udara dan bahan bakar yang menimbulkan tekanan. Sewaktu torak mendekati titik mati atas (TMA), mengkompresikan udara kedalam silinder, sehingga mulai terjadi pembakaran.

3. Langkah Usaha
Udara dan bahan bakar yang terbakar berturut-turut menimbulkan tekanan yang lama kelamaan menjadi maksimum. Tekanan maksimum ini menekan torak ke bawah dan tekanan maupun suhu dari gas pembakaran mulai berkurang. Gaya gerak yang ditimbulkan oleh gerakan torak ini diteruskan ke poros engkol mulalui tangkai torak dan engkol, dengan demikian poros engkol dipaksa untuk berputar mengatasi tahanan geseran. 

4. Langkah Pembuangan
Katub buang terbuka dan gas sisa pembakaran ditekan keluar oleh torak yang bergerak ke atas dan dengan demikian selanjutnya dimulai lagi langkah pemasukan untuk siklus berikutnya.


Langkah Kerja Motor 4 Tak
Langkah Kerja Motor 4 Tak

Sumber : Materi Pelatihan Perawatan dan Perbaikan Mesin Kapal Perikanan

Semoga Bermanfaat...

4 komentar untuk "Motor Diesel 4 Langkah"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Rental Genset Syncronize Tangerang untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger min.

    BalasHapus