Wednesday, March 7, 2018

Potensi Perikanan Kecamatan Rancah

Potensi luas lahan untuk sektor perikanan di wilayah Kecamatan Rancah adalah sekitar 253,740 hektar untuk Kolam Air Tenang (KAT) dan 354,51 hektar untuk lahan minapadi sehingga total mencapai luas potensi sebesar 608,25 hektar, sementara potensi Kolam Air Deras (KAD) berada disepanjang pinggiran dangkal sungai Cijolang belum dapat terukur secara jelas karena kesulitan menelusuri sepanjang sisi sungai tersebut.

Luas lahan tersebut di wilayah Kecamatan Rancah pada umumnya berbentuk kolam air tenang saja. Data luas lahan perikanan disajikan dalam tabel berikut:
Potensi luas kolam di Kecamatan Rancah 
SUMBER AIR
Sumber air yang dimanfaatkan untuk sektor perikanan yang berada di Kecamatan Rancah disajikan dalam tabel berikut:
Sumber air di Kecamatan Rancah
KUALITAS DAN KUANTITAS AIR
Kualitas air di wilayah Kecamatan Rancah masih sangat baik, tidak terlalu banyak pencemaran dan juga tidak beracun bagi ikan. Hal ini disebabkan Kecamatan Rancah berada pada sumber air Tengah dimana air belum pernah digunakan dan belum mengalami pencemaran. Hanya sedikit tingkat pencemaran yang terjadi yaitu berupa limbah rumah tangga. Sementara itu, limbah pabrik tahu secara asas manfaat belum menyebabkan pencemaran bagi ikan, justru bermanfaat karena menyediakan zat hara untuk pertumbuhan plankton sebagai sumber makanan ikan di sungai. Secara fisik, umumnya air berwarna bening (jernih) dan tidak berbau.

Kuantitas air adalah masalah yang sering terjadi di wilayah Kecamatan Rancah karena sumber-sumber perairan mengalami kekeringan disaat musim kemarau. Sumber mata air hanya mengalir sedikit bahkan sampai terhenti. Sumber sungai hanya mampu sedikit mengaliri sawah sementara kolam tadah hujan terjadi kekeringan total. Masalah kuantitas air adalah salah satu masalah yang akan dipecahkan. Metode pemecahan masalahnya adalah manajemen produksi ikan, dimana saat terjadi kemarau atau kekeringan, maka produksi perikanan dihentikan sementara waktu.

Sesuai potensinya, maka Kecamatan Rancah mempunyai potensi pengembangan produksi ikan gurame, ikan mas, ikan nila, ikan lele, ikan tambakan dan ikan nilem.

Sumber : Programa Kecamatan Rancah

0 komentar:

Post a Comment