Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Ikan Lele Menggunakan Sistem BIOFLOC (Bagian 4, Perawatan Media dan Panen)

Dalam perawatan media perlu diperhatikan hal - hal berikut :

APLIKASI YEAST DAN PROBIOTIK
Ragi Tempe 1 sendok dan ragi tape 1 butir / m3 / minggu, pada saat ukuran sangkal sampai panen dosis di tambah menjadi 2x lipat/ 2butir / m3 / minggu 
Aplikasi 1 minggu sekali bersamaan dengan probiotik dan molase pada waktu pagi hari pada kondisi puasa. 
Dari banyaknya kegagalan saat aplikasi molase pada sistem biofloc yang disebabkan kurangnya aerasi dan perubahan pH, maka diperlukan inokulan bakteri yang tidak membutuhkan oksigen sehingga kebutuhan oksigen untuk bakteri dapat ditekan. Konsorsium bakteri yang semakin banyak akan membuat keragaman bakteri menguntungkan dalam kolam semakin banyak sehingga populasi bakteri menguntungkan semakin kuat dalam bersaing dengan bakteri yang merugikan (bakteri pembusuk dan bakteri pathogen). Dari Kelompok jamur (yeast)  bisa digunakan Ragi yang mikrobianya sangat efektif digunakan untuk menyerap amonia dan tidak membutuhkan oksigen dalam bekerjanya.

TEKNIK PERGANTIAN AIR

  • Situasional, selama ikan merasa nyaman sehat air tidak perlu diganti.
  • Pergantian air Maksimal 30%, untuk menghindari goncangan media yang dapat menyebabkan ikan stress dan mengalami penyusutan berat badan.
  • Air yang diganti lapisan paling bawah, kualitas  air bawah rendah dengan kandungan amonia dan nitrit tinggi.
  • Pergantian dengan cara sirkulasi, untuk menghindari Perubahan yang ekstreem dan   membuat ikan stress.
  • Penerapakan teknologi biofloc 2, tidak berarti tanpa buang air sama sekali. Akan tetapi bila bisa memanfaatkan secara baik terhadap biofloc yang terbentuk, maka pergantian air dapat diminimalkan. Pemberlakuan puasa pada saat tertentu, sangat membantu dalam pengelolaan kualitas air. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi ikan untuk memanfaatkan biofloc sebagai makanan tambahan yang sudah tersedia secara alami dalam kolam. Sehingga kepekatan biofloc dapat terjaga, tidak terlalu pekat sehingga mengurangi kebutuhan air untuk sirkulasi. Ikan, memiliki kemapuan yang berbeda terhadap kepekatan floc di dalam air. Ikan lele merupakan ikan yang cukup tahan dengan kondisi kepekatan floc yang tinggi. Karena ikan ini masih bisa bertahan dengan baik dengan kondisi volume floc yang mencapai 15% (150 cc dalam 1 liter air media). Namun, disarankan agar pemberlakuan puasa / pengurangan pemberian pakan sudah dilakukan sejak ketebalan floc kurang dari 5 % (50 cc per liter air).
  • Pengaruh kepekatan biofloc dalam air kolam akan memberikan pengaruh pada konsumsi oksigen. Disamping itu juga akan memberikan pengaruh pada pernafasan ikan. Oleh karena itu, pergantian air tetap diperlukan untuk mengurangi kepekatan biofloc dalam air kolam. Untuk membuang endapan dalam kolam sangat dibutuhkan pergantian air. 


AIR SEHAT 
Warna cerah, tidak terlalu pekat, tidak berminyak 
Perilaku ikan : aktif bergerak, nafsu makan tinggi, pada saat siang hari ikan berada didasar kolam 
Air tidak berbau → bau asam amino 


AIR TIDAK SEHAT 
Warna kusam, pekat, permukaan berminyak 
Akibat dominasi Blue Green Algae 
Perilaku ikan : gerakan lamban, menggantung dipermukaan atau pinggir kolam, nafsu makan kurang 
Bau menyengat → amoniak atau anyir

APLIKASI KAPUR DOLOMIT
Pengapuran berfungsi untuk mempertahankan/ menaikkan pH air dan alkalinitas (buffer pH). Disamping itu dapat berfungsi mengikat karbondioksida dalam air, mengurangi/ menghilangkan bau asam dan bau kentut serta menyediakan mineral Ca dan Mg. 
Kapur Dolomit
Pengapuran dapat dilakukan seminggu sekali. Waktu aplikasi terbaik adalah malam hari. Jenis kapur yang bisa diaplikasikan antara lain : kapur pertanian, dolomit di berikan seudah aplikasi  probiotik,molase&ragi dosis 150-200 gram. 

PEMILIHAN BENIH UGGUL
o Benih dari induk yang unggul 
o Benih sehat, gerak aktif dan lincah 
o Ukuran sama 
o Dari satu induk yang sama (kecepatan tumbuh sama) 
o Warna seragam 
o Organ lengkap 
o Bentuk proporsional 
o Benih dari pembenih/ hatchery yang terpercaya 
Benih Ikan Lele

TEKNIK PEMANENAN
Persiapan sebelum panen
Satu hari mejelang panen sebaiknya ikan dipuasakan, ini bertujuan untuk mengurangi stress pada ikan lele, sehingga resiko kematian akan lebih aman/ sedikit.

Perawatan kolam pasca panen
Setelah panen sebaiknya kolam segera dibersihkna sebersih mugkin, sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak enak karena telah dipakai untuk budidaya (amis, dlsb).

Semoga bermanfaat....

Sumber : Modul Pembesaran Ikan Lele Dengan Sistem Biofloc P2MKP Mina Pantura

35 komentar untuk "Budidaya Ikan Lele Menggunakan Sistem BIOFLOC (Bagian 4, Perawatan Media dan Panen)"

  1. Saya memfokuskan usaha pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan bibit
    lele
    sangkuriang. Untuk wilayah Solo
    dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses dalam
    berternak lele. Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual bibit saja.
    Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah panen
    akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Bila Anda butuh lele
    konsumsi saya juga siap. Semua
    harga bisa dinego. Pelanggan
    adlah raja. Saya ingin Anda
    untung besar, kapanpun Anda
    sms pasti secepatnya kami
    balas, pelayanan kami adalh yg
    utama. Anda sukses saya jg ikut
    sukses itu prinsip saya. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo
    meganmahmud@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap hari bibit saya mati kurang lebih 10 ekor semenjak saya beli dari pembibit... pakah itu normal atau tidak??

      Hapus
    2. saya minta penjelasan soal perawatan bibit lele yang masih awal...

      Hapus
    3. tidak normal pak. bisa diobati dengan memblender bawang putih satu bonggol penuh yg dicampur dengan 1 liter air ditambah kunyit 1 batang. dipakai untuk campuran setiap kali akan memberikan pakan. atau bapak bisa menambahkan enrofloxacyne pada pakan dengan dosis 0,1 ppm.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. @surya jack : untuk penjelasan perawatan bibit lele yang masih awal bisa ke alamat ini http://lalaukan.blogspot.com/2014/02/pemeliharaan-benih-ikan-lele.html

    BalasHapus
  3. apakah selama pergantian air aerasi tetap hidup?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya untuk budidaya sistem bioflok selama ikan sehat tidak perlu ganti air.

      Hapus
  4. Mas Aan Boleh tau Nomor HPnya gak,buat tanya2 tentang ikan Lele

    BalasHapus
  5. Mas Aan,bagian 3 nya mana ya kok tidak ada?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://lalaukan.blogspot.com/2013/10/budidaya-ikan-lele-menggunakan-sistem_9279.html?m=1..itu link bagian 3 nya mas..

      Hapus
  6. Mas Aan Mohon bimbingannya untuk pemeliharaan air yg baik sperti apa ya? sya memakai kolam terpal diameter 3, air 80cm. Pemeliharaan rutin stiap minggu sdah saya ganti 20% dngan mengganti air yg baru tpi msih ad beberapa ikan yg berdiri di pinggir kolam ktika disenggol tmnnya masuk kedlam air kemudian muncul lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan menggantung, yang disebabkan:Ada kesalahan perlakuan, Berawal dari aerasi yang kurang besar, Kualitas air jelek(air terlalu kental, amonia tinggi, dll.). adapun solusinya bisa dengan mengganti air sebanyak 30 - 50% dan diisi air baru yang telah mengandung probiotik dan garam..terima kasih

      Hapus
  7. Bos Aan.. boleh minta nmer hpnya..

    BalasHapus
  8. mas saya budidaya bioflok ikan tidak besar,pakan dahfermentasi, pakai probiotik, dan urea, tidak pakai dolomit dan garam krosok, kok pertumbuhan lambat, udah 4 bulan baru 12 cm, mulai umur 2-3 mohon solusinya, diameter 3 jumlah 4000 perkolam

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertumbuhan lambat bisa terjadi karena Padat tebar yang tinggi, manajemen pakan kurang tepat, Pemberian pakan terlalu sedikit (underfeeding), Kualitas pakan kurang baik(harga murah), Kualitas benih yang kurang bagus.
      Karena sistem bioflok menggunakan padat tebar tinggi maka pastikan benih yang dibeli merupakan benih yang bagus dan perhatikan pemberian pakannya.

      Hapus
  9. Mas aan mohon pencerahanya
    Sudah 2 minggu lebih setelah lele di masuk kan ke kolam dengan sistem bioflok. Air menjadi bau. Bagai mana solusinya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf baru ditanggapi mas...Air bau disebabkan oleh perombakan limbah organik yang tidak sempurna karena kekurangan oksigen. Sehingga menghasilkan racun dan bau seperti, amoniak, nitrit, H2S, asam organik. Bau biasanya disebabkan oleh asam organik(kecut/asam) danH2S (busuk), serta amonia(pesing). pemberian molase dan probiotik, aerasi diperbesar hingga penggantian air 30% biladiperlukan. Pemberian kapur pada malamhari bisa menetralkan bau yang disebabkan oleh asam organik dan H2S.

      Hapus
  10. mas aan...saya mo nanya....umur ikan lele saya skrng sekitar 2 bulan lebih...tp belakangan ini ada saja yg mati..klo saya perhatikan perutnya pada kembung...memang gak byk mas,. 1 sd3 ekor....kira2 apa ya mas penyebabnya dan apa solusinya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikan kembung biasanya disebut dropsy (gas bubble disease) hal ini bisa disebabkan oleh Kondisi gas yang kelewat jenuh (N, O2, CO2) dalam tubuh ikan sehingga terjadi gelembung udara pada jaringan dan darah ikan, ikan sulit bernafas, mata menonjol.
      Terjadi karena kenaikan suhu yang berlangsung cepat, blooming algae, tekanan air.
      pengendalianyan bisa dengan memindahkan ikan sakit ke air yang normal/masih bagus. atau dengan melakukan penggantian air..trima kasih

      Hapus
    2. selain dari yg mas sebutkan tadi... ada gak penyebab lainnya..seperti kira2 pemberian pakan yg berlebihan...atau penyebab lain diluar air...atau dari luar....

      Hapus
  11. mas aan mau tanya , setiap sebelum pemberian pakan untuk kolam lele bioflok apakah harus di buka sekitar 3 detik untuk pembuangan kotoran ikannya? terima kasih mas

    BalasHapus
  12. Maz aan budidaya bioflok sulit bagi msh pemula coz haris teliti gerakan air dan pakan juga kl dah remaja 1"5' terutama adaptasi musim hujan' pakan pelet fermentasi jamuran juga sangat berbaha ya kl msh pemula jgn coba padat tebar coz salah dikit aja/ trlat perlakuan ikan pada mati harus bijak jgn tergiur di vidio dn pelatihan kl blm coba budidayanya secara mandiri

    BalasHapus
  13. Mas aan maaf menyimpang dari topik bioflok..saya pake kolam beton 4x8 meter,, untuk pompa oksigen harus full 24 jam apa ada waktu tertentunya mas,, aplikasinya untuk ikan usia brapa apa full sampe panen mas, mohon bimbingan nya mas..

    BalasHapus
  14. Untuk meningkatkan ph air di kolam terpal yang sudah terisi benih lele, apakah bisa menggunakan kapur kalsit? Dan berapa dosis nya untuk ukuran kolam 4x6m ketinggian air 80cm. Kolam lele saya ph airnya sering turun dikarenakan air hujan. Terimakasih.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum.
    Maaf sebelumnya. Mau nanyak kenapa pemberian kapur pada bioflok dilakukan pada malam hari. Kenapa tidak dilakukan pada pagi atau sore hari

    BalasHapus
  16. Apakah setelah penggantian 30% air dianjurkan utk menaburkan garam? Jika iya, berapa takarannya?

    BalasHapus
  17. pak untuk spesifikasi dari aerator yang di gunakan apa yah ? dimensi kolam saya yaitu diameter 1,5 x tinggi 1 , ukuran aerator berapa yah ?
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  18. Mas aan maaf menyimpang dari topik bioflok..saya pake kolam beton 4x8 meter,, untuk pompa oksigen harus full 24 jam apa ada waktu tertentunya mas,, aplikasinya untuk ikan usia brapa apa full sampe panen mas, mohon bimbingan nya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aerasi bisa digunakan dari awal sampe panen...aerasi bisa digunakan untuk benih lele usia pendederan atau pembesaran (1 bulanan)

      Hapus
  19. Klo boleh saya minta nomer hpnya mas Aan...

    BalasHapus