Lalaukan

Informasi dunia kelautan dan perikanan serta kegiatan penyuluhan perikanan

Tuesday, May 1, 2018

Jenis - Jenis Ikan Air Laut Ekonomis Penting [Bagian 6]

Jenis ikan air laut yang memiliki ekonomis penting di perairan Indonesia sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa jenis ikan air laut yang memiliki nilai ekonomis penting yang telah dirangkum. Untuk melihat tulisan sebelumnya dapat dilihat pada tautan dibawah artikel ini.

26. Gemprang (kemprit), (Ilisha elongata)
Ikan gemprang [sumber]
(Clupeidae); hidup bergerombol, jumlahnya tidak banyak, dapat mencapai panjang 40 cm, umumnya 30 cm. Tergolong ikan pelagis kecil, penangkapan dengan purse seine, jaring insang, bagan, pukat tepi sero, jermal, trawl, payang. Dipasarkan dalam bentuk asin kering, daging banyak mengandung duri, termasuk ikan murahan. Daerah penyebaran; perairan pantai, muara sungai di seluruh Indonesia, terutama Laut Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulsel, Arafuru, Singapura.

27. Sardin, (Sardine Ha sirm)
Ikan sardin sirm [sumber]
(Clupeidae); hidup diperairan pantai, lepas pantai pemakan plankton, dapat mencapai panjang 23 cm, umumnya 17-18 cm, tergolong ikan pelagis ukuran kecil. Penangkapan dengan purse seine, macam-macam payang, jaring insang, pukat tepi, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, dikalengkan, asin rebus (pindang),harga sedang. Daerah penyebaran; terdapat diseluruh perairan Indonesia, melebar ke utara sampai Okinawa dan ke selatan sampai ujung utara Australia, ke barat sampai pantai Afrika Timur.

28. Tembang, (Sardinella fimbriata)
Ikan tembang [sumber]
(Clupeidae); hidup bergerombol, membentuk gerombolan besar, pemakan plankton, dapat mencapai panjang 16 cm, umumnya 12,5 cm. Tergolong ikan pelagis kecil ditangkap dengan payang, purse seine, jala, pukat tepi, soma giob, bagan, jaring insang, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, asin rebus (pindang), harga sedang. Daerah penyebaran; terdapat diseluruh perairan pantai Indonesia, ke utara sampai Taiwan, ke selatan sampai ujung utara Australia, dan ke barat sampai Laut Merah. 

29. Lemuru, (Sardinella longiceps)
Ikan lemuru [sumber]
(Clupeidae); hidup diperairan pantai, lepas pantai, laut dalam, termasuk ikan pelagis kecil, pemakan plankton, dapat mencapai panjang 20 cm, umumnya 10-15 cm. Penangkapan dengan purse seine, payang oras, jaring insang, sero, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, asin rebus (pindang), dikalengkan, bahan tepung ikan, harga sedang. Daerah penyebaran; daerah pantai yang berbatasan laut bebas, Selat Bali, Selatan Sumbawa, Kalimantan Utara, pantai India, Thailand, Kamboja, Australia, ke barat sampai pantai Afrika Timur.

30. Japuh, (Dussumieria acuta)
Ikan japuh [sumber]
(Clupeidae); hidup bergerombol didaerah pantai, lepas pantai, pemakan plankton, dapat mencapai panjang 20 cm, umumnya 10-15 cm. Tergolong ikan pelagis kecil, penangkapan dengan berbagai payang, macam-macam pukat tepi, bagan, sero, purse seine, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, tepung ikan, harga sedang. Daerah penyebaran; terdapat diseluruh perairan Indonesia, meluas sampai ke pantai, Afrika Timur, Madagaskar dan ke selatan sampai pantai Australia.

Jenis - jenis ikan ekonomis laut lainnya silahkan lihat artikel berikut :

Ikan Laut Ekonomis Penting


Sumber : Pengenalan jenis - jenis ikan air laut. Abdul Samad Genisa. 1999

Semoga Bermanfaat...

1 comment:

  1. " Ayong shop"
    Agen resmi obat pasutri di indonesia...
    info dan konsultasi pemesanan
    silahkan hubungi  customer service kami:
    CALL / WA : 0823-2881-5757

    Cara Cepat & Pasti untuk Menambah Ukuran P3n1s Lebih Besar Dan panjang Dengan Hasil Optimal, Meningkatkan Kualitas 3reks1 Dan Tahan Lama Serta meningkatkan durasi dan frekuensi hubungan s3ksu4l.

    APA ITU TITAN GEL GOLD ?
    Titan Gel Gold merupakan inovasi terbaru penyempurnaan dari produk Sebelumnya. Kehebatan Titan Gel Gold ini 3 x dari Titan Gel Terdahulu. Produk lebih bermutu, berkhasiat, halus, tidak lengket dan harum.
    TITAN GEL GOLD ASLI adalah gel inovatif yang tidak hanya meningkatkan intensitas pengalaman s3ksu4l Anda, tapi juga sebagai obat perbesar p3n1s, memperpanjang p3n1s pria.
    Dengan Titan Gel Gold Anda mendapatkan semua yang Anda inginkan: lebih kuat s3ks, 3r3ksi yang mengesankan, peningkatan kepekaan area intim dan dapat memenuhi semua impian erotis Anda
    DENGAN TITAN GEL GOLD,
    BERBAGAI VARIASI S3KS BISA DILAKUKAN.

    CARA PEMAKAIAN TITAN GEL GOLD :
    Petunjuk Penggunaan “Titan Gel Gold” yang benar akan dijelaskan dalam petunjuk. Inilah poin terpenting untuk mendapatkan hasilnya dari penggunaan Titan Gel Gold :
    1. Sebelum menggunakan Gel Titan Gold, alangkah baiknya bersihkan p3n1s Anda terlebih dahulu
    2. Setelah dibersihkan, keringkan permukaan p3n1s dengan menggunakan kain lembut atau handuk.
    3. Buat tegang p3n1s anda.
    4. Oleskan Secara Merata gelnya ke seluruh permukaan p3n1s dengan lapisan tipis sambil di urut-urut.
    Setelaah selesai biarkan sampai benar-benar diserap ke dalam kulit.

    Lakukan penggunaan ini 2 kali sehari
    Hasil mulai terlihat setelah pemakaian 1 Minggu pertama

    ReplyDelete