Friday, April 20, 2018

Jenis - Jenis Ikan Air Laut Ekonomis Penting [Bagian 7]

Jenis ikan air laut yang memiliki ekonomis penting di perairan Indonesia sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa jenis ikan air laut yang memiliki nilai ekonomis penting yang telah dirangkum. Untuk melihat tulisan sebelumnya dapat dilihat pada tautan dibawah artikel ini.

31. Teri, (Stolephorus commersonii)
Ikan teri [sumber]
(Clupeidae); hidup diperairan pantai, membentuk gerombolan besar, pemakan plankton, dapat mencapai panjang 15 cm, umumnya 12 cm, sisik mudah terkelupas. Tergolong ikan pelagis kecil, penangkapan dengan payang tepi, bagan, jermal, togo, pukat tepi, soma dampar, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, harga sedang. Daerah penyebaran; terdapat diseluruh perairan pantai Indonesia, melebar ke utara sampai pantai Teluk Benggala, Philipinna dan ke selatan sampai Queensland (Auskalia), juga ke barat sampai pantai Afrika Timur.

32. Lemadang, (Coryphaena hippurus)
Ikan lemadang [sumber]
(Coryphaenidae); hidup diperairan lepas pantai. daerah pantai yang berbatasan laut terbuka. dapat mencapai panjang 200 cm, umurnnya 70-100 cm. Tergolong ikan pelagis, ikan buas makanannya ikan, cumi-cumi, udang. Penangkapan dengan pancing tonda, purse seine, kadang-kadang masuk sero, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, harga sedang. Daerah penyebaran; daerah pantai lepas, pantai seluruh Indonesia, perairan Indo-Pasifik lainnya dan meluas sampai perairan sub-tropis. 

33. Ketang-ketang, (Drepane punctata)
Ikan ketang - ketang [sumber]
(Drepanidae); hidup diperairan dangkal. karang-karang, dapat mencapai panjang 40 cm umumnya 25 cm. Tergolong ikan karang, ikan buas, makanannya ikan-ikan kecil, dan invertebrata dasar, penangkapan terutama dengan pancing, bubu, trawl, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, harga sedang. Daerah penyebaran; perairan karang seluruh Indonesia, ke utara meliputi Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang Laut Cina Selatan, Philipinna, ke selatan sampai pantai utara Australia, dan ke barat sampai pantai Afrika Timur.

34. Bandeng lelaki, (Elops machnata)
Ikan bandeng lelaki [sumber]
(Elopsidae); hidup di perairan pantai, air payau. dapat mencapai panjang 90 cm, umumnya 30-50 cm, tergolong ikan pelagis, ikan buas. carnivor, pemakan ikan-ikan kecil, krustasea. Penangkapan dengan jaring insang, pancing tonda, purse seine, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, asin rebus, dagingnya lunak. mengandung banyak duri-duri halus, harga. sedang. Daerah penyebaran; terdapat hampir di seluruh pantai Indonesia terutama Jawa. Sumatera, Kalimantan, Sulsel, Araffiru, melebar ke utara sampai selatan perairan tropis Australia, ke barat sampai pantai Afrika Timur dan ke timur sampai Kep. Hawai.

35. Bulan-bulan, (Megalops cyprinoides)
Ikan bulan - bulan [sumber]
(Elopsidae); hidup di perairan pantai, muara sungai, air payau, kadang-kadang masuk air tawar, dapat mencapai panjang 55 cm, umumnya 25-30 cm, termasuk ikan pelagis. Penangkapan dengan jaring insang, trawl, purse seine, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, harga sedang. Daerah penyebaran; terdapat hampir diseluruh perairan pantai Indonesia terutama Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulsel, Arafuru, melebar ke utara dan ke selatan perairan tropis Australia, ke barat sampai pantai timur Afrika dan ke timur Hawai.

Jenis - jenis ikan ekonomis laut lainnya silahkan lihat disini :
1. Jenis - Jenis Ikan Air Laut Ekonomis Penting Bagian 1
2. Jenis - Jenis Ikan Air Laut Ekonomis Penting Bagian 2
3. Jenis - Jenis Ikan Air Laut Ekonomis Penting Bagian 3
4. Jenis - Jenis Ikan Air Laut Ekonomis Penting Bagian 4


Sumber : Pengenalan jenis - jenis ikan air laut. Abdul Samad Genisa. 1999

Semoga Bermanfaat...

1 komentar: