Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - Jenis Ikan Air Laut Ekonomis Penting [Bagian 13]

Jenis ikan air laut yang memiliki ekonomis penting di perairan Indonesia sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa jenis ikan air laut yang memiliki nilai ekonomis penting yang telah dirangkum. Untuk melihat tulisan sebelumnya dapat dilihat pada tautan dibawah artikel ini.

61. Bambangan, (Lutjanus sanguineus)
Ikan Bambangan [sumber]
(Lutjanidae); hidup di perairan pantai sampai kedalaman 100 m, menyendiri, ikan buas, makanannya ikan-ikan kecil dan in-vertebrata dasar, dapat mencapai panjang 90 cm, umumnya 35-50 cm. Tergolong ikan demer-sal, penangkapan dengan pancing, bubu, pukat dasar, dipasarkan dalam bentuk segar, asinkering, harga sedang. Daerah penyebaran; perairan pantai seluruh Indonesia, meluas ke utara sampai Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang pantai Laut Cina Selatan, Philipinna, ke selatan sampai perairan tropis Australia dan ke barat sampai Afrika Selatan.

62. Tambangan, (Lutjanus johni)
Ikan Tambangan [sumber]
(Lutjanidae); hidup di perairan pantai, dangkal, hutan-hutan bakau sampai kedalaman 80 m, makanannya ikan-ikan kecil dan in-vertebrata dasar, dapat mencapai panjang 70 cm, umumnya 30-50 cm. Tergolong ikan demersal penangkapan dengan pancing, rawai dasar, bubu, trawl dipasarkan dalam bentuk segar, asin-kering, harga sedang. Daerah penyebaran; perairan pantai seluruh Indonesia, meluas sampai Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang pantai Laut Cina Selatan, Phlipinna, dan perairan tropis Australia, ke barat sampai Afrika Selatan.

63. Jenaha, (Lutjanus russelli)
Ikan Jenaha [sumber]
(Lutjanidae); hidup di perairan dangkal, terumbu karang, dihutan-hutan bakau, makanannya ikan-ikan kecil dan in-vertebrata dasar, dapat mencapai panjang 40 cm, umumnya 25 cm. Tergolong ikan demersal, penangkapan dengan pancing, bubu, dipasarkan dalam bentuk segar, asin-kering, harga sedang. Daerah penyebaran; perairan karang seluruh Indonesia, meluas ke utara sampai Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang pantai Laut Cina Selatan, ke selatan sampai perairan tropis Australia, ke barat sampai Afrika Selatan.

64. Jambian, (Lutjanus lutjanus)
Ikan Jambian [sumber]
(Lutjanidae); hidup didaerah pantai, muara sungai, dapat mencapai panjang 30 cm, umumnya 25 cm. Tergolong ikan demersal, penangkapan dengan pancing, jaring insang, bubu, trawl, dipasarkan dalam bentuk segar, asin-kering, harga sedang. Daerah penyebaran; perairan pantai, muara-muara sungai di Indonesia, daerah Indo-Pasifiklainnya, Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang Laut Cina Selatan, Philipinna.

65. Gorara, (Lutjanus vitta)
Ikan Gorara [sumber]
(Lutjanidae); hidup di perairan pantai, terunbu karang, dapat mencapai panjang- 40 cm, umumnya 22 cm. Tergolong ikan demersal, penangkapan dengan pancing, bubu, cantrang, trawl, dipasarkan dalam bentuk segar, asin kering, harga sedang. Daerah penyebaran; perairan pantai seluruh Indonesia, perairan Indo-Pasifik lainnya, ke utara sampai Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang pantai Laut Cina Selatan, ke selatan sampai perairan tropis Australia.

Jenis - jenis ikan ekonomis laut lainnya silahkan lihat artikel berikut :

Ikan Laut Ekonomis Penting

Sumber : Pengenalan jenis - jenis ikan air laut. Abdul Samad Genisa. 1999

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Jenis - Jenis Ikan Air Laut Ekonomis Penting [Bagian 13]"