Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - Jenis Ikan Air Laut Ekonomis Penting [Bagian 18]

Jenis ikan air laut yang memiliki ekonomis penting di perairan Indonesia sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa jenis ikan air laut yang memiliki nilai ekonomis penting yang telah dirangkum. Untuk melihat tulisan sebelumnya dapat dilihat pada tautan dibawah artikel ini.

86. Langkau, Psettodes erumei
Ikan langkau [sumber]
(Psettodidae); hidup di permukaan dasar berlumpur, di daerah pantai sampai kedalaman 100 m, termasuk ikan buas pemakan binatang dasar terutama udang, dapat mencapai panjang 50 cm, umumnya 20-40 cm. Tergolong ikan demersal, penangkapan dengan trawl, cantrang dan sejenisnya, pukat tepi, jermal, sero, dipasarkan dalam bentuk segar, asin-kering, harga sedang. Daerah penyebaran ; terdapat hapir diseluruh perairan pantai Indonesia terutama Jawa, bagian timur Sumatera, Kalimantan, Sulsel, Arafuru, ke utara meliputi Teluk Benggala, Thailand, sepanjang pantai
Laut Cina Selatan, Philipinna, ke utara sampai pantai timur Australia, juga ke barat sampai Afrika Timur.

87. Pare kekeh, Rhynobatus djiddensis
Ikan pare kekeh [sumber]
(Rhinobatidae); hidup didasar, melahirkan anak, vivipar, termasuk ikan buas, makanannya organisme dasar (ikan, moluska, krustasea), dapat mencapai panjang sampai 300 cm. Tergolong ikan dasar, penangkapan terutama dengan trawl, pancing, cantrang dan sejenisnya, pukat tepi. Daerah penyebaran ; perairan pantai, lepas pantai di seluruh Indonesia, Teluk Benggala, Teluk Siam, Laut Cina Selatan, Philipinna.

88. Pari burung, Rhinoptera javanica
Ikan pari burung [sumber]
(Rhinopteridae); hidup di dasar, termasuk ikan buas, makanannya organisme dasar (ikan-ikan dasr, moluska, krustasea), dapat mencapai panjang 100 cm lebih. Tergolong ikan dasar, penangkapan dengan trawl, cantrang dan sejenisnya, macam-macam pukat tepi, pancing garit, dipasarkan dalam bentuk segar, asinkering, harga murah. Daerah penyebaran; seluruh perairan Indonesia, dan perairan tropis lainnya.

89. Kakatua, Callyodon cyanognathus
Ikan kakatua [sumber]
(Scaridae); hidup di perairan pantai, dangkal, karang-karang, dapat mencapai panjang 50 cm. Tergolong ikan pelagis, karang, penangkapan dengan bubu, jaring karang, pancing, dipasarkan dalam bentuk segar, asin-kering, harga sedang. Daerah penyebaran ; perairan pantai, terumbu karang di seluruh Indonesia dan perairan Indo-Pasifik lainnya.

90. Gulamah, Argyrosomus amoyensis
Ikan gulamah [sumber]
(Sciaenidae); hidup di perairan pantai, bergerombol besar, dapat mencapai panjang 38 cm, umumnya 25-30 cm. Tergolong ikan demersal, penangkapan terutama dengan trawl, cantrang dan sejenisnya, macam-macam pukat tepi, jaring insang dan pancing, dipasarkan dalam bentuk segar, asin-kering, asin-rebus, harga sedang.

Jenis - jenis ikan ekonomis laut lainnya silahkan lihat artikel berikut :

Ikan Laut Ekonomis Penting

Sumber : Pengenalan jenis - jenis ikan air laut. Abdul Samad Genisa. 1999

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Jenis - Jenis Ikan Air Laut Ekonomis Penting [Bagian 18]"