Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Manfish

 Ikan Manfish (Pterophyllum Scalare) merupakan satu dari sekian banyak jenis ikan hias air tawar yang cukup populer, karena memiliki penampilan yang khas dengan pergerakan yang anggun. Manafish sendiri merupakan ikan yang berasal dari perairan amazon, Amerika Selatan dan saat ini sangat mudah menemuinya di Indonesia karena telah banyak dibudidayakan.
Ikan Manfish

Pada alam bebas Manfis umumnya sangat menyukai tinggal pada perairan dengan arus yang tenang dan banyak ditumbuhi tanaman air di sekitarnya. Ikan yang diberi julukan angel fish ini memiliki bentuk badan yang unik, yaitu berbentuk menyerupai anak panah, pipih, serta memiliki sirip pungung dan sirip perut yang berbentuk memanjang kebelakang menyerupai busur panahnya.

KLASIFIKASI IKAN MANFISH
Menurut Axelrod (1993) Ikan manfish (Pterophyllum scalare) memiliki klasifikasi sebagai berikut:
Kingdom : Animalia
Filum      : Chordata
Kelas       : Osteichthyes
Ordo       : Percomorphoidea
Famili     : Cichlidae
Genus     : Pterophyllum
Spesies   : Pterophyllum scalare

MORFOLOGI IKAN MANFISH
Secara morfologi bentuk tubuh ikan manfish Menurut Adminrad (2008), dalam morfologinya bahwa bentuk tubuh ikan manfish tri colour pipih seperti anak busur panah, sirip punggung dan perutnya membentang lebar dan memanjang ke arah ekor sehingga nampak seperti ujung busur panah yang lancip. Axelrod (1993) menambahkan bahwa panjang tubuh ikan manfish maksimal adalah 15 cm, dengan iris mata yang berwarna kuning, warna dasar tubuhnya silver dan corak hitam, terdapat 3-4 garis vertikal berwarna hitam pada sirip dan tubuhnya. Pada bagian kepalanya terdapat warna kuning yang cukup menarik, selain itu tri colour memiliki kelebihan toleransi terhadap kondisi lingkungan yang baik dibanding dengan beberapa strain yang lain.

Ikan manfish disebut angle fish (ikan bidadari), karena bentuk dan warnanya menarik serta gerakannya yang tenang. Morfologi ikan manfish Pterophyllum scalare adalah menurut (Adminrad, 2008):
  1. Memiliki warna dan jenis yang bervariasi, 
  2. Bentuk tubuh pipih, dengan tubuh seperti anak panah,
  3. Sirip perut dan sirip punggungnya membentang lebar ke arah ekor, sehingga tampak sebagai busur yang berwarna gelap transparan,
  4. Menjaga dan melindungi keturunannya, dan
  5. Pada bagian dadanya terdapat dua buah sirip yang panjangnya menjuntai sampai ke bagian ekor.
HABITAT IKAN MANFISH
Habitat ikan manfish hidup pada lingkungan perairan yang banyak ditumbuhi tanaman air. Karakteristiknya perairan yang tenang dan berarus mereka hidup bergerombol. Hal inilah bila ditempatkan dalam akuarium, manfish termasuk ikan yang minim pergerakkannya (Susanto, 2008). Pada awalnya ikan hias liar banyak yang hidup dan tersebar di berbagai perairan tawar, misalnya di sungai – sungai, rawa-rawa atau di danau-danau, karena dengan perkembangan peradapan manusia  yang membuahkan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka ikan – ikan yang awalnya hidup diperairan bebas banyak dibudidayakan (Cahyono, 2009).

MAKANAN IKAN MANFISH
Ikan manfish pada stadia larva diberikan pakan alami berukuran kecil seperti, rotifera, kutu air, dapnia, moina. Pengaplikasian pakan alami ini pada saat ikan sudah tidak memanfaatkan yolk eggs atau kebutuhan kuning telur pada saat ikan menetas (Dinas Perikanan Jakarta, 2001). Pakan yang diberikan pada ikan manfish berupa cacing Tubifex atau pakan alami lainnya seperti artemia sampai benih berumur ± 2 bulan, stelah berusia diatas 2 bulan ikan mulai diberikan pakan pellet ukuran kecil sedikit demi sedikit sampai kebiasaan makanya berubah sebagian. Perbedaan warna yang terdapat dalam satu spesies ikan manfish dikarenakan hasil dari persilangan antara jenis-jenis yang ada (Adminrad, 2008). Variasi pemberian pakan sangat baik untuk pertumbuhan ikan manfish, walaupun pakan pellet menjadi suatu pakan utama yang diberikan pada ikan manfish ketika ikan sudah memasuki stadia pendederan dan pembesaran, pakan pellet dengan konsentrasi protein tinggi akan membuat pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat dan baik. Variasi pakan berupa artmeia salina diberikan pada ikan manfish, yang bertujuan agar ikan memiliki variasi pakan dan mempercerah tubuh ikan itu sendiri (Hamre, 2002).

Sumber : Laporan Pemijahan Ikan Manfish di BRBIH Depok

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Mengenal Ikan Manfish"