Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Rumput Laut Bagi Kehidupan Manusia

Dominasi perikanan Indonesia dapat terlihat dari peran ekspor rumput laut. Dimana Indonesia merupakan produsen utama dunia dalam ekspor rumput laut kering, dengan potensi lahan budidaya sebesar 1,1 juta hektar diperkirakan mampu memproduksi 17,7 juta ton rumput laut pertahun.

Dengan keunggulan pada lahan dan jumlah produksi tersebut menjadi kekuatan besar bagi Indonesia untuk memasuki pasar Internasioal. Selain itu terdapat sedikitnya 555 jenis rumput laut di perairan Indonesia. Dimana, ada 55 jenis yang diketahui mempunyai nilai ekonomis tinggi, diantaranya Eucheuma sp, Gracillaria dan Gelidium. Jenis rumput laut yang banyak dibudidayakan adalah Eucheuma sp dan Gracillaria. Disamping sebagai bahan untuk industri makanan seperti agar-agar, jelly food dan campuran makanan seperti burger dan lain-lain, rumput laut juga sebagai bahan baku industri kosmetika, farmasi, tekstil, kertas, keramik, fotografi dan insektisida.
Rumput laut Eucheuma cottonii
Manfaat rumput laut dapat diketahui dari kandungannya yang kaya akan nutrisi esensial, seperti enzim, asam nukleat, asam amino, mineral, trace elements, dan vitamin A,B,C,D,E dan K. Karena kandungan gizinya yang tinggi, rumput laut mampu meningkatkan sistem kerja hormonal, limfatik, dan juga saraf. Selain itu, rumput laut juga bisa meningkatkan fungsi pertahanan tubuh, memperbaiki sistem kerja jantung dan peredaran darah, serta sistem pencernaan.

Rumput laut dikenal juga sebagai obat tradisional untuk batuk, asma, bronkhitis, TBC, cacingan, sakit perut, demam, rematik. Kandungan yodiumnya diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit gondok. Di Cina, rumput laut juga biasa digunakan untuk pengobatan kanker. Tingginya tingkat konsumsi rumput laut mungkin berhubungan dengan rendahnya insiden kanker payudara pada wanita di negara tersebut. Mungkin hal itu disebabkan oleh kandungan klorofil rumput laut yang bersifat antikarsinogenik. Selain itu, karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang dapat melawan radikal bebas, rumput laut bermanfaat untuk memperpanjang usia dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Pemanfaatan rumput laut secara umum adalah :
  1. Makanan dan susu (Ice cream, yoghurt, waper krim, cokelat susu, puding instan).
  2. Minuman (Minuman ringan, jus buah, bir).
  3. Roti.
  4. Permen.
  5. Daging ikan dalam kaleng.
  6. Saus, salad dressing, kecap.
  7. Makanan diet (Jelly, jam, sirup, puding).
  8. Makanan bayi.
  9. Non pangan (Makanan hewan, makanan ikan, cat, keramik, tekstil, kertas).
  10. Farmasi dan kosmetik (Pasta gigi, shampoo, obat tablet, bahan cetak gigi, obat salep).
Kegunaan rumput laut yang beragam itu, ternyata karena di tiap kelasnya terdapat senyawa yang berbeda dan memiliki sifat kimia dan fisika yang spesifik pula. Bila dari alga coklat dihasilkan alginat, maka dari kelas alga merah bisa didapat karaginan dan agar-agar. Alga coklat terdiri dari paduan struktur kimia manuronat dan guluronat. Untuk pewarna tekstil, alga coklat yang digunakan adalah yang memiliki struktur manuronat lebih banyak dalam hal ini ada pada Sargassum dan Turbinaria. 

Struktur kimianya mengikat zat pewarna, namun lebih mudah melepaskannya pada bahan kain. Sebagai pewarna makanan dipilih alga yang memiliki struktur guluronat lebih banyak karena sifatnya yang mudah dicerna. Bahan pewarna alami ini kini mulai banyak digunakan menggeser pewarna sintetis. Hal ini tentunya akan memberi banyak keuntungan bagi Indonesia yang memiliki rumput laut jenis alga coklat yang melimpah.

Selain ramah lingkungan karena bukan bahan kimia berbahaya dan beracun, harga pewarna alami dari rumput laut juga relatif murah dibandingkan pewarna kimia sintetis. Pembuatan batik cap dengan pewarna rumput laut dapat menekan biaya hingga 25 persen.

Pemanfaatan potensi alam Indonesia ini juga akan berdampak pada penghematan devisa karena akan mengganti pewarna batik yang selama ini masih impor. Selain itu, pengolahan rumput laut menjadi zat pewarna merupakan peluang usaha baru bagi industri lokal dan selanjutnya juga akan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Lalu bagaimana prospek pemanfaatan alga merah yang memiliki kandungan senyawa lebih banyak?
Rumput laut merah
Karaginan pada alga merah digunakan sebagai pasta gigi karena fiskositasnya tinggi dan strukturnya lebih lentur dan lembut. Hidrokoloid rumput laut jenis ini memiliki kemampuan yang unik dalam membentuk gel yang bertekstur pendek sesuai untuk pasta gigi. Penggunaan karaginan ini sekarang mulai menggeser bahan baku xanthan gum untuk pasta gigi.

Agar-agar selain sebagai bahan makanan yang sudah banyak dikenal, juga digunakan untuk kosmetik karena mengandung zat pengemulsi yang baik. Bila melihat sifat-sifat fisika-kimia hidrokoloid rumput laut yang tersusun dari senyawa polisakarida itu masih banyak lagi kemungkinan aplikasi baru yang lebih luas seperti cairan pembersih, pelapisan keramik, dan produk bertekanan, serta kertas.

Sumber : Buku Dasar - Dasar Budidaya Perairan

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Manfaat Rumput Laut Bagi Kehidupan Manusia"