Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Kelamin Biota Air

Pada prinsipnya, alat kelamin hewan terdiri dari dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina. Suatu populasi terdiri dari ikan-ikan yang berbeda seksualitasnya, maka populasi tersebut disebut populasi heteroseksual, bila populasi tersebut terdiri dari ikan-ikan betina saja maka disebut monoseksual.

A. Kelamin jantan
Testis merupakan sepasang organ memanjang yang terletak pada dinding odrsal. Pada family poecilidae kedua organ testis dibungkus dalam satu kantong. Dari testis keluar satu pembulu sperma (vas differens) pada bagian permukaan mesodorsal yang bermuara diantara arus dan pembulu urinari. Organ reproduksi jantan terdiri dari sepasang testis, seminal vesikel dan saluran sperma. Didalam tubuh tersebut terdapat sel germinal dan sel tori, sedangkan di luar tubulus terdapat sel intertisial atau sel leydig. Sel germinal terkumpul dalam kista-kista seminiferi yang berbeda yaitu sperma tosit prime, sperma tosit sekunder dan spermati pada tingkat yang berbeda dan sperma masing- masing kista dibatasi oles sel-sel sertoli.

B. Kelamin Betina
Organ kelamin betina (ovari) pada kebanyak ikan tolestei adalah berupa sepasang organ yang terletak di rongga tubuh. Rongga ovari berlajnut dengan oviduct yang terbuka kearah ovipore pada papilah orugenital. Pada sebagian species pasangan ovari menyatu menjadi satu organ. Selama perkembangan ovari terdiri dari oogonia, oosit yang mengelilingi sel-sel folikel, disongkok oleh atau sel-sel stroma
(penunjang) dari jaringan pembuluh darah dan jaringan syaraf.

Tiga tipe ovari menurut Wallace dan Salman dalam Nagahama (1983) yaitu:
  1. Ovari sinkron/serempak, artinya perkembangan ovari singkron, berkembang bersama, keluar bersama dan sesudah itu mati. Hal ini ditemukan pada sidat katadromus.
  2. Ovari sinkron sebagian yaitu ovari memiliki lebih dari dua kelompok oosit pada perbedaan tahap perkembangan, misalnya pada ikan trout pelangi. Umumnya memijah satu kali setahun musimnya relatif pendek.
  3. Ansycronous (metachrom) atau ovari tidak sinkron. Ovari memiliki oosit pada semua tingkat perkembangan, tipe ini ditemukan pada semua spesies ikan mas, yang memijah dalam waktu dan musim yang panjang.
Alat kelamin sekunder ikan jantan dan ikan betina

Sumber : Buku Dasar - Dasar Budidaya Perairan

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Alat Kelamin Biota Air"