Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spermatozoa Ikan

Spermatozoa adalah sel seks pria atau gamet yang membuahi sel telur wanita atau ovum pada organisme yang bereproduksi secara seksual, termasuk semua hewan dan beberapa tanaman. Tidak seperti kebanyakan sel-sel yang membentuk organisme multiseluler, spermatozoa terdiri dari kepala dan setidaknya satu 13mbryoge atau ekor, yang memungkinkan mereka untuk bergerak secara independen. Kepala mengandung sedikit sitoplasma dibandingkan dengan sel lain dan membawa kromosom sangat padat dalam inti. Seperti semua sel-sel kelamin, sel sperma haploid, hanya mengandung setengah jumlah kromosom khas spesies.

Pada mamalia, spermatogenesis dimulai pada vesikel 14 mbryogenesi dari testis laki-laki. Dalam keberadaan konsentrasi tinggi 14mbryogenesi, yang mulai terjadi pada masa remaja, spermatosit primer dewasa dan membagi menjadi spermatosit sekunder. Sel-sel yang dihasilkan dibagi menjadi 2 sel sperma belum matang yang disebut spermatid, masing-masing akan menjadi spermatozoon matang.
Spermatozoa

Cairan 14mbryogen semen menyediakan lingkungan yang hangat dan lembab yang sel sperma membutuhkan untuk kelangsungan hidup dan media tempat mereka dapat bergerak dengan mudah. Hal ini juga melindungi sel-sel dan membantu untuk mengontrol kecepatan saat mereka bergerak. Energi yang dibutuhkan untuk gerakan seperti cambuk atau flagellar dengan ekor yang mendorong setiap sel sperma melalui cairan mani disediakan oleh struktur selular kecil yang disebut mitokondria yang mengelilingi bagian atas ekor.

Untuk fertilisasi dan reproduksi terjadi, spermatozoa harus ditransfer dari jantan ke betina melalui vagina atau kloaka dimana glikoprotein pada permukaan sel menjaga spermatozoa dari diserang oleh 15mbryo kekebalan tubuh betina. Perjalanan sperma melalui saluran reproduksi wanita, di mana salah satunya menembus lapisan pelindung terluar ovum. Spesies-reseptor spesifik pada permukaan dari kedua sel telur dan spermatozoa memastikan bahwa sel sperma dari satu spesies umumnya mampu membuahi ovum hanya dari spesies yang sama.

Dalam 15 mbryoge sel yang membungkus kepala, dan menutupi banyak daerah bawah, adalah lapisan dalam yang disebut akrosom, yang memainkan peran penting dalam pembuahan. Penetrasi ovum terjadi ketika akrosom yang menonjol keluar spermatozoon menembus melalui 15mbryoge sel, bereaksi dengan serta seiring dengan melemahnya lapisan luar sel telur. Ketika reaksi akrosom ini berlangsung, kepala spermatozoa menyatu dengan 15mbryoge sel ovum dan melepaskan isinya ke sel telur. Inti sperma dan ovum bersatu, sehingga zigot dari mana organisme baru dari spesies yang sama berkembang.

Sumber : Laporan Praktikum Genetika Ikan Ginogenesis Triploidisasi dan Hibridisasi

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Spermatozoa Ikan"