Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Sepat Siam

Ikan sepat siam (Trichogaster pectoralis) adalah sejenis ikan air tawar anggota suku gurami (Osphronemidae). Di Jawa Timur sepat juga dikenal dengan nama sliper. Dalam bahasa Inggris disebut Siamese gouramy (Siam adalah nama lama Thailand) atau snake-skin gouramy, merujuk pada pola warna belang-belang di sisi tubuhnya. Ikan rawa yang bertubuh sedang, panjang total mencapai 25cm, namun umumnya kurang dari 20 cm. Lebar pipih, dengan mulut agak meruncing. Sirip-sirip punggung (dorsal), ekor, sirip dada dan sirip dubur berwarna gelap. Sepasang jari-jari terdepan pada sirip perut berubah menjadi alat peraba yang menyerupai cambuk atau pecut, yang memanjang hingga ke ekornya, dilengkapi oleh sepasang duri dan 2-3 jumbai pendek. Ikan air tawar yang liar biasanya berwarna perak kusam kehitaman sampai agak kehijauan pada hampir seluruh tubuhnya. Terkadang sisi tubuh bagian belakang nampak agak terang berbelang-belang miring.Sejalur bintik besar kehitaman, yang hanya terlihat pada individu berwarna terang, terdapat di sisi tubuh mulai dari belakang mata hingga ke pangkal ekor (Bahar, 2006).

Sistematika ikan sepat siam menurut Effendie (2002), adalah sebagai berikut:
kingdom         : Animalia
filum : Chordata
kelas : Pisces
ordo         : Labyrinthicy
famili : Anabantidae
genus : Trichogaster
species : Trichogaster pectoralis

Ikan sepat siam

Ikan sepat siam memiliki keunggulan yaitu mampu beradaptasi dengan lingkungannya yang buruk. Hal ini dimungkinkan karena ikan sepat siam sendiri memiliki alat pernafasan tambahan berupa labirin (bunga karang). Selain itu ikan sepat siam juga memiliki bulu cambuk yang merupakan modifikasi dari sirip anal dan berfungsi sebagai alat perlindungan diri dan membantu dalam hal pencarian makanan. Berdasarkan keunggulan tersebut, ikan sepat siam berpotensi sebagai komoditas ikan budidaya di masa yang akan datang, khususnya pemberdayaan pada lahan-lahan krisis (Effendie, 2002).

Morfometri Ikan Sepat Siam (Tricogaster pectoralis
Ikan sepat siam (Trichogaster pectoralis) adalah sejenis ikan air tawar anggota suku gurami. Ikan sepat siam merujuk pada pola warna belang-belang di sisi tubuhnya. Ikan rawa yang bertubuh sedang, panjang total mencapai 25 cm, namun umumnya kurang dari 20 cm. tubuhnya lebar, pipih, dengan mulut agak meruncing. Sirip-sirip punggung (dorsal), ekor, sirip dada dan sirip dubur berwarna gelap. Sepasang jari-jari terdepan pada sirip perut berubah menjadi alat peraba yang menyerupai cambuk atau pecut yang memanjang hingga ke ekornya, dilengkapi oleh sepasang duri dan 2-3 jumbai pendek (Effendie, 2002).

Ikan sepat siam memiliki bentuk dan ukuran tertentu dan berbeda antara ikan sepat siam yang satu dengan ikan sepat siam yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa ada spesifikasi tertentu pada karakteristik, bentuk dan ukuran tubuh ikan sepat siam di alam. Analisa morfometri merupakan suatu analisis atau pengamatan terhadap morfologi ikan sepat siam (Effendie, 2002).

Sumber : Budidaya Ikan Sepat Siam

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Mengenal Ikan Sepat Siam"