Monday, April 22, 2013

Karakteristik Media Penyuluhan

Salah satu kegiatan dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian adalah penyampaian informasi perikanan kepada penggunanya. Informasi perikanan tersebut bisa disampaikan secara langsung dengan tatap muka atau tidak langsung dengan menggunakan media penyuluhan perikanan.

Penggunaan media penyuluhan akan membantu memperjelas informasi yang disampaikan kepada penggunanya, karena dapat lebih menarik, lebih interaktif, dapat mengatsi batasan ruang, waktu dan indera manusia. Agar informasi yang disampaikan bias lebih jelas dan mudah dipahami sesuai dengan tujuan yang akan dicapai maka informasi tersebut perlu dikemas sesuai dengan karakteristik dari setiap media yang digunakan ( Zakaria. A, 2002).

Media penyuluhan adalah segala bentuk benda yang berisi pesan atau informasi yang dapat membantu kegiatan penyuluhan pertanian. Media penyuluhan pertanian berguna untuk mengefektifkan komunikasi antar sumber informasi dan penerima (komunikan).


Media penyuluhan pertanian disebut juga sebagai alat Bantu penyuluhan pertanian yang dapat dilihat, didengar, diraba, dirasa dan dicium dengan maksud untuk memperlacar komunikasi.

Landasan teoritis pentingnya penggunaan media penyuluhan pertanian adalah: 1). Peningkatan pengetahuan, ketrampilan, sikap dan perilaku petani merupakan hasil suatu proses belajar dalam kegiatan penyuluhan pertanian, yang keberhasilanya sangat ditentukan oleh efektivitas media penyuluhan pertanian. 2). Efektivitas penggunaan media penyuluhan pertanian sangat ditentukan oleh benyakanya indera penerimaan yang terlibat. Semakin banyak indera yang digunakan, penyampaian pesan penyuluhan pertanian semakin mudah dimengerti. Berikut tabel yang menujukan perbedaan penerimaan materi penyuluhan dengan menggunakan berbagai indera menurut Zakaria, A. (2002):

Cara penerimaan Informasi yang didingat setelah 3 hari :
  1. Hanya lewat pendengaran 10%
  2. Hanya lewat penglihatan 20%
  3. Mendengar dan melihat 40%
  4. Mendengar, melihat dan melakukan 70%
KARAKTERISTIK MEDIA PENYULUHAN
Jenis media yang tersedia sangat banyak dan berkembang terus dengan kemajuan teknologi. Media dapat diklasifikasikan dengan beberapa cara, tapi yang penting bukanlah klasifikasinya, tetapi bagaimana media itu dapat digunakan secara tepat. Setiap media mempunyai karakteritik yang berbeda. Media yang paling efektif dikondisi tetentu, belum tentu efektif pada kondisi yang lain (Darmawan, dkk. 2005). Masing-masing golongan media itu mempunyai keunggulan dan kelemahan serta karakteristik yang berbeda.( Zakaria, A. 2002).

Berdasarkan jumlah sasaran menurut Darmawan dkk. (2005), dibadakan menjadi media masa dan media antar perorangan. Lebih terinci lagi media dikelompokan berdasarkan bentuknya menurut Soeharto,N.P. (2005), menjadi :
  1. Media Penyuluhan Cetak
  2. Media Penyuluhan Audio
  3. Media Penyuluhan Audio Visual
  4. Media Penyuluhan Obyek Fisik
Karakteristik Umum Media Penyuluhan :

  • Media Massa, karakteristik umum :
  1. Menjangkau banyak orang, tetapi tingkat pengaruhnya rendah
  2. Menjangkau khalayak baru dan hanya sebatas pada tingkat kesadaran
  3. Bertujuan untuk memperkenalkan program atau pesan diwilayah tertentu
  • Media Antar Perorangan, karakteristik umum :

  1. Biasanya diperlukan untuk merubah sikap atau perilaku
  2. Mempunyai pengaruh besar terhadap sedikit orang
  3. Memungkinkan adanya pertanyaan dan umpan balik

  • Media Audio/Video, karakteristik umum :
  1. Dapat digunakan oleh perorangan atau kelompok
  2. Memerlukan peralatan
  3. Memungkinkan penayangan suatu demontrasi , gerakan dan warna
  4. Beberapa indera bisa terlibat
Sumber : Joko Adrianto, 2007

0 komentar:

Post a Comment