Wednesday, September 4, 2013

Penumbuhan Kelompok Pelaku Utama/Pelaku Usaha Perikanan

Tumbuh dan berkembangnya kelompok - keolompok dalam masyarakat, umumnya didasarkan atas adanya kepentingan dan tujuan bersama, sedangkan kekompakkan kelompok tersebut tergantung pada faktor pengikat yang dapat meningkatkan keakraban individu - individu yang menjadi anggota kelompok.

Penumbuhan kelompok dapat dimulai dari kelompok/organisasi sosial yangsudah ada dimasyarakat yang selanjutnya melalui kegiatan penyuluhan perikanan diarahkan menuju bentuk kelompok yang semakin terikat oleh kepentingan dan tujuan bersama dalam meningkatkan produksi dan pendapatan dari usaha yang dilakukan.
Kelompok Pelaku Utama Perikanan

Dalam penumbuhan kelompok perlu diperhatikan kondisi - kondisi kesamaan kepentingan, sumberdaya alam, sosial ekonomi, keakraban, saling mempercayai dan keserasian hubungan antara pelaku utama, sehingga dapat merupakan faktor pengikat untuk kelestarian kehidupan berkelompok, dimana setiap anggota kelompok dapat merasa memiliki dan menikmati manfaat sebesar - besarnya yang ada dalam kelompok.

Prinsip Penumbuhan
Prinsip penumbuhan kelompok pelaku utama kelautan dan perikanan antara lain :
1. Prinsip Kerakyatan dan Keberpihakan
2. Prinsip Kemandirian
3. Prinsip Kemitraan dan Kerjasama
4. Prinsip Bertahap dan Berkelanjutan
5. Prinsip Partisipatif
6. Prinsip Keterbukaan
7. Prinsip Kesetaraan

Unsur - Unsur Penumbuhan
Dalam penumbuhan suatu kelompok beberapa unsur yang penting diperhatikan antara lain :
  1. Adanya saling mengenal dengan baik antara sesama anggotanya, akrab dan saling percaya mempercayai.
  2. Mempunyai pandangan dan kepentingan yang sama dalam berusaha.
  3. Memiliki kesamaan dalam hal : tradisi/kebiasaan, pemukiman, jenis usaha, hamparan, jenis alat tangkap/kapal.
  4. Keanggotaan setiap kelompok berkisar 10 – 25 orang.
  5. Memiliki motivasi untuk berkembang.
Langkah - langkah Penumbuhan Kelompok
Kelompok dapat terbentuk dengan sendirinya (tanpa bantuan pihak luar) dan dapat pula terbentuk dengan bantuan pihak luar, sehingga agar pelaku utama dapat membentuk kelompok, perlu adanya rangsang dan motivasi, antara lain dengan cara-cara berikut : 
  1. Memberikan penerangan mengenai keuntungan membentuk kelompok, melalui ceramah, diskusi, tanya-jawab, pemutaran film/slide, siaran televisi, penyebaran brosur/leaflet dan lain-lain.
  2. Mengajak para pelaku utama untuk mengunjungi kelompok-kelompok lain yang sudah berhasil.
Penyuluhan dalam rangka penumbuhan kelompok

Dalam pelaksanaan penumbuhan kelompok, dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1. Identifikasi potensi
        Petugas/tenaga pendamping mengamati dan meneliti apakah ada pelaku utama dan pelaku usaha bidang perikanan yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi suatu kelembagaan kelompok pelaku utama antara lain:
  • Keberhasilan kegiatan usahanya dalam beberapa musim atau tahun.
  • Sering atau berani mencoba sesuatu teknologi baru.
  • Hubungan dengan aparat desa, Instansi/Dinas, lembaga lain, tokoh masyarakat, Penyuluh atau pembina lainnya, cukup baik untuk berkonsultasi atau dalam rangka mencari sesuatu informasi yang berhubungan dengan pembangunan perikanan.
  • Mau dan mampu melaksanakan serta  mengembangkan program Pemerintah.
2. Pelaksanaan penumbuhan:
  • Koordinasi dengan pemerintah setempat, tokoh masyarakat dan kontak pelaku utama yang ada wilayah kerja penyuluhan untuk terlaksananya pertemuan para pelaku utama.
  • Musyawarah penumbuhan kelembagaan kelompok pelaku utama
  • Pengukuhan kelembagaan kelompok pelaku utama 
Bila semua pelaku utama bekerja secara sendiri-sendiri tentu saja tidak akan mampu mengembangkan usaha dengan baik. Namun setelah digabung dalam kelompok dan masuk dalam wadah kelembagaan kelompok maka berbagai keunggulan dan keuntungan pasti akan diperoleh, misalnya mudah mendapatkan modal usaha, dapat bermitra dengan lembaga  keuangan serta mempermudah dalam akses pemasarannya. 
Dengan manfaat berlembaga cukup besar dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku utama dan masyarakat bidang kelautan dan perikanan.

Dalam rangka penumbuhan kelompok pelaku utama bidang kelautan dan perikanan melalui pengelompokan yang antara lain dapat dibagi   ke dalam:
1. Kelembagaan Pelaku Utama berdasarkan JENIS USAHA
2. Kelembagaan Pelaku Utama Berdasarkan SKALA USAHA
3. Kelembagaan Pelaku Utama Berdasarkan STATUS USAHA
4. Kelembagaan Pelaku Utama Berdasarkan KOMODITAS UTAMA
5. Kelembagaan Pelaku Utama Berdasarkan TEMPAT TINGGAL/ DOMISILI

Pengukuhan adalah suatu proses peningkatan kemampuan melalui penciptaan iklim usaha yang kondusif, penumbuhan motivasi, pengembangan potensi, pemberian peluang, peningkatan kesadaran, dan pendampingan serta fasilitasi. Dengan pemberdayaan tersebut bertujuan sumber daya manusia yang berkualitas, andal, serta berkemampuan manajerial, kewirausahaan, dan kelembagaan bisnis perikanan sehingga pembangunan perikanan mampu membangun usaha dari hulu sampai dengan hilir yang berdaya saing tinggi dan mampu berperan serta dalam melestarikan prinsip pembangunan yang berkelanjutan. Salah satu upaya dalam pemberdayaan  kelembagaan kelompok pelaku utama adalah melalui kegiatan fasilitasi dalam pengukuhan dan pengakuan terhadap kelembagaan kelompok.

Pengukuhan dan atau pengakuan terhadap kelembagaan kelompok pelaku utama merupakan salah satu bentuk penghargaan atas karya dan prestasi kelompok yang telah dicapai dan merupakan kebanggaan bagi para anggota kelompok. Kegiatan ini diharapkan akan tumbuh motivasi yang lebih besar dari para anggota kelompok untuk belajar lebih giat, bekerja lebih erat dan berusaha lebih efektif dalam usaha menigkatkan produksi dan pendapatannya.Adapun tujuan dari pelaksanaan pengukuhan kelompok antara lain:
  1. Tumbuh dan berkembangnya rasa bangga kelompok sebagai prinsip belajar dan kerjasama untuk meningkatkan produksi dan pendapatan.
  2. Tumbuh dan berkembangnya dinamika kelembagaan dalam berorganisasi untuk memanfaatkan peluang ekonomi.
  3. Terciptanya metode pemberdayaan, bimbingan, dan pelayanan yang sesuai dengan tingkat kemampuan   kelompok pelaku utama.

sumber : Modul Dikdas Jabfung Penyuluh Perikanan Tingkat Ahli

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete