Thursday, November 7, 2013

KIMBIS Latih Pembenihan Ikan Lele Bagi Pembudidaya Ikan Lele Kota Tegal

Klinik IPTEK Mina Bisnis (KIMBIS) merupakan bentuk kelembagaan  pemberdayaan masyarakat  di pedesaan. Klinik IPTEK ini dapat dimanfaatkan untuk mengimplementasikan  berbagai program seperti: Program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN), dukungan terhadap Program Industrialisasi Perikanan, Program peningkatan produksi perikanan, PUMP, PUGAR, dan berbagai program lainya untuk mendorong kehidupan ekonomi masyarakat di pedesaan. Klinik IPTEK Mina Bisnis memfasilitasi program-program tersebut melalui kegiatan asistensi dan pengawalan.

Untuk meingkatkan pengetahuan dan keterampilan para pembudidaya ikan lele di Kota Tegal, KIMBIS Kota Tegal bekerjasama dengan P2MKP Pandawa Fish Farm melaksanakan pelatihan pembenihan ikan lele secara tradisional dan intensif. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2013 bertempat di P2MKP Pandawa Fish Farm, Desa Pendawa Kec. Lebaksiu Kab. Tegal.
Peserta sedang melaksanakan praktek penyuntikan ikan
Pada kesempatan pelatihan ini hadir perwakilan dari Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBPSEKP), Penyuluh perikanan Kota Tegal dan Pengurus KIMBIS Kota Tegal.

Saat ini junlah pembenih ikan lele di Kota Tegal sangat sedikit sehingga untuk kebutuhan benih lebih banyak disuplai dari luar daerah. Sehingga diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan ini bisa menumbuhkan pembenih ikan lele di Kota Tegal.


2 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete