Friday, March 28, 2014

Pembenihan Ikan Synodontis

Ikan sinodontis (Synodontis nigriventris) merupakan ikan hias air tawar introduksi yang habitat aslinya dari sungai didaerah Zaire, Afrika. dikenal ikan hias air tawar yang unik dan juga sebagai ikan "up side down" karena senang berenang terbalik dengan perut diatas. termasuk dalam familia Mochohidae, ordo siluriformes (lele - lelean), ikan ini juga berkumis dan mempunyai patil walaupun tidak beracun.
Ikan Synodontis
Ikan hias sinodontis mempunyai nilai ekonomis tinggi saat ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia terutama didaerah sentra budidaya ikan hias air tawar Jabodetabek dengan cara pemijahan buatan, stimulasi hormone gonadotropin untuk merangsang ovulasi dan spermiasi yang umum digunakan pada ikan - ikan yang sulit memijah.

PEMELIHARAAN INDUK
Induk sinodontis dapat dipelihara di dalam bak beton atau fiberglas maupun dalam akuarium. Biasanya wadah pemeliharaan dilengkapi dengan filter untuk efisien air dan dilengkapi dengan aerasi.
Wadah Pemeliharaan Induk
Pakan diberikan dapat berupa pelet yang kualitasnya bagus, tetapi biasanya lebih disukai pakan alami berupa cacing, serangga, udang dan tanaman air. Pakan diberikan secara libitum (sekenyangnya).
Pelet dan cacing sebagai pakan induk
Bobot induk mulai dapat dipijahkan sekitar 50 gram untuk induk betina dan 70 gram induk jantan, berumur kira - kira 15 bulan, panjang antara 15 - 30 cm.
Induk Sinodontis
PENYUNTIKAN HORMON DAN PEMBUAHAN
Penyuntikan hormon ovaprim ± 1 cm dibawah sirip punggung.
Penyuntikan ovaprim
untuk rangsangan ovulasi telur, suhu media yang baik yaitu pada 28 - 30°C. Ovulasi akan terjadi 13 - 25 jam sesudah suntikan hormon.
Proses Pemijahan
Perkembangan embrio
PEMELIHARAAN LARVA
Pemeliharaan dilakukan di akuarium atau baskom plastik dengan tinggi air 15 - 20 cm. Larva mulai makan 4 - 5 hari dengan diberi nauplii artemia, setelah umur 10 hari diberi tubifex sp. Setelah 1,5 bulan benih mencapai ukuran 2 - 2,5 cm.
Tempat pemeliharaan larva
PENDEDERAN BENIH
Benih dipelihara dalam akuarium dengan volume air 50 - 80 liter, dengan tinggi air 15 - 26 cm. Padat tebar benih 300 - 500 ekor per akuarium. Pakan diberikan berupa cacing tubifex sp minimal 20% dalam keadaan basah dari biomassa benih.
Benih umur 1,5 bulan setelah pembuahan
TABEL 1. Hasil Pemijahan Sinodontis

TABEL 2. SIfat Fisika dan Kimia Air Untuk Pemeliharaan Ikan synondontis nigriventris

Sumber : Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Depok, 2013

Semoga Bermanfaat... 

3 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    ReplyDelete