Wednesday, August 15, 2018

Mengenal Ikan Hampal/Hampala

Hampal, adungan atau kebarau (Hampala macrolepidota) adalah sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae (kerabat ikan mas). Ikan ini menyebar luas di Asia Tenggara daratan dan Indonesia bagian barat. Nama-nama lokalnya, di antaranya, hampal, hambal, hampalong (Sd.); ampalong (Btw); wader, suco, palung (Jw.); adungan, dungan, dongan (Klm.); kabarau, kebarau, barau, sebarau (Mly.); sebaju (Lamp.). Dalam bahasa Inggris spesies ini dikenal sebagai Hampala Barb dan juga Large-scaled Hampal, sebagaimana nama penunjuk jenisnya (specific ephitet) yang merujuk pada sisik-sisiknya yang berukuran besar. Nama marganya dipinjam dari nama lokalnya dalam bahasa Sunda.

Kalsifikasi Ilmiah
Kingdom         : Animalia
Filum              : Chordata
Kelas               : Actinopterygii
Ordo                : Cypriniformes
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Hampala
Spesies            : H. macrolepidota; H. ampalong; H. bimaculata

Moroflogi Ikan Hampala
Ikan Hampala adalah salah satu genus dari famili Cyprinidae yang memiliki ciri-ciri bibir atas terpisah dari moncong oleh suatu lekukan yang jelas, pangkal bibir atas terpisah oleh lapisan kulit moncong, mulut terminal atau subterminal, gurat sisi mempunyai 25-30 sisik, sirip perut depan datar atau membulat, sirip anal memiliki 5 jari-jari bercabang tidak memiliki duri pada sirip punggung, hidup di perairan air tawar yaitu di danau dan sungai dan tersebar luas di perairan Indo-Australia (Sumatra, Jawa, Borneo), Malaka, Siam, Indo-China. (Weber and Beaufort, 1916 ; Kottelat et al. 1993 ; Sulaiman & Mayden, 2012).

Weber and Beaufort (1916), membagi genus Hampala menjadi tiga jenis berdasarkan pola bercak hitam di tubuhnya yaitu, Hampala ampalong mempunyai dua bercak hitam besar sepanjang gurat sisi, satu dibawah sirip punggung dan satu terletak di ujung sirip dubur. Hampala bimaculata mempunyai dua bercak hitam melintang sisi badan, satu dibawah sirip punggung dan satu di depan batang ekor. Hampala macrolepidota pada ikan yang berukuran besar memiliki bercak hitam antara sirip punggung dengan sirip perut yang kemudian menjadi samar-samar pada ikan yang sangat besar

Habitat
Hampal diketahui menyebar luas mulai dari Tenasserim, Thailand, Indocina, Semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Spesimina didapatkan di antaranya dari Padang, Solok Danau Singkarak, Danau Maninjau, Serdang (Sungai Ular), Sungai Kampar, Sungai Kuantan, Langkat, Deli, Jambi, Palembang, Lahat; Sambas, Seminis, Sungai Kapuas, Sungai Baram, Sarawak, Sungai Barito, Banjarmasin, Sungai Mahakam; Jakarta, Pondok Gede, Ciampea, Bogor, Garut, Situ Bagendit, Panjalu, Ngawi, Kediri, Surabaya, Grati.

Ikan hampala berhabitat biasanya di sungai berair jernih,berarus,dengan kadar oksigen tinggi, dengan dasar pasir,batu2an sungai,atau juga lumpur meski juga didapati di sungai hampir tidak berarus, ditemui di daerah rendah juga tinggi. Dibeberapa lokasi mereka lebih sering berkumpul di aliran utama sungai,dan sering berada diantara ranting atau kayu2 dari pohon yg tumbang.. Ditemukan pada kebanyakan badan air, termasuk waduk dan danau. Termasuk ikan predator: ikan dewasa tercatat memangsa ikan-ikan kecil (di Malaysia), tetapi pengamatan di Waduk Saguling mendapatkan bahwa 74% makanannya adalah serangga akuatik.

Jenis - Jenis Ikan Hampala
1. Hampala macrolepidota
Hampala macrolepidota [sumber]
2. Hampala ampalong
Hampala ampalong [sumber]
3. Hampala bimaculata
Hampala bimaculata [sumber]
4. Hampala dispar
Hampala dispar [sumber]
5. Hampala lopezi

6. Hampala sabana
Hampala sabana [sumber]
7. Hampala salweenensis
Hampala salweenensis [sumber]


Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment