Lalaukan

Informasi dunia kelautan dan perikanan serta kegiatan penyuluhan perikanan

Monday, July 22, 2019

Penyakit Virus Pada Ikan : Taura Syndrome Virus (TSV)

Taura syndrome merupakan salah satu jenis penyakit yang juga banyak menyerang udang, khususnya vannamei (L. vannamei). Sejak ditemukan pada awal tahun 1990, virus ini dapat dikatakan memiliki tingkat virulensi yang tinggi karena dapat mengakibatkan kematian mulai 5% hingga 95% udang vannamei. Selain pada udang vannamei, TSV juga terdeteksi pada blue shrimp (Penaeus stylirostrus), pacific white shrimp (Penaeus vannamei), chinese white shrimp (Penaeus chinensis), giant black tiger prawn (Penaeus monodon), kuruma prawn (Penaeus japonicus), northern brown shrimp (Penaeus aztecus), northern pink shrimp (Penaeus duorarum), northern white shrimp (Penaeus setiferus), dan southern white shrimp (Penaeus schmitti).

Taura syndrome disebabkan oleh taura syndrome virus (TSV), yaitu virus RNA yang diklasifikasikan ke dalam Keluarga Dicistroviridae. Partikel virion TSV sebesar 32 nm, berbentuk ikosahedron tanpa envelope dengan densitas sebesar 1.338 g/ml. Genom yang dimiliki oleh TSV berbentuk linear, single
stranded RNA (+) dengan 10,205 nukleotida. Daerah serangan virus TSV antara lain epitelium kutikula (hypodermis), eksoskeleton, saluran pencernaan, alat pernafasan, jaringan penghubung, jaringan haematopoietic, organ lymphoid, dan kelenjar antennal.

Taura syndrome memiliki tiga fase serangan, yaitu akut, transisi, dan kronis. Pada kondisi akut, lesi patognomonik terjadi pada epitelium kutikula, sedangkan pada fase transisi dan kronis penyakit tidak tampak lesi patognomonik dan pendeteksian dilakukan dengan metode molekular dan antibodi. Serangan virus TSV dapat dikenali dengan sejumlah tanda klinis seperti kosongnya perut hingga terjadinya proliferasi warna, karapas yang lunak, perubahan warna ekor udang menjadi merah, kerusakan nekrosis epitel kutikula, serta kematian massal udang vannamei sebesar 40% hingga lebih dari 90% pada fase post-larvae, juvenile, dan dewasa. Bentuk infeksi dan morfologi TSV disajikan pada Gambar berikut.

Bentuk infeksi dan morfologi TSV

Sumber : Penyakit Akuatik. Andri Kurniawan; Buku Saku Penyakit Ikan. DJPB

Semoga Bermanfaat...

No comments:

Post a Comment