Lalaukan

Informasi dunia kelautan dan perikanan serta kegiatan penyuluhan perikanan

Friday, July 19, 2019

Penyakit Virus Pada Ikan : Hemorrhagic Septicemia (VHS)

Viral hemorrhagic septicemia (VHS) adalah salah satu penyakit infeksius yang menyerang ikan dan dapat mengakibatkan kematian. Penyakit ini disebabkan oleh viral hemorrhagic septicemia virus (VHSV) yang dikenal juga dengan nama Egtved virus. Pada awalnya, VHS ditemukan menginfeksi ikan salmonid di Eropa Barat pada tahun 1963 oleh M. H. Jenson. Virus VHS merupakan kelompok dari virus genom RNA negatif single-stranded pada Ordo Mononegavirales, Keluarga Rhabdoviridae, dan Genus Novirhabdovirus dimana virus ini memiliki envelope, partikel berbentuk peluru dengan panjang sekitar 180 nm serta berdiameter 60 nm, dan diselimuti poplomer dengan panjang 5 nm hingga 15 nm.

Viral hemorrhagic septicemia (VHS) adalah penyakit sistemik pada ikan dan penyebarannya dapat dibawa oleh paling sedikit 50 jenis ikan air tawar dan air laut. Beberapa jenis yang terinfeksi oleh VHS adalah berasal dari kelompok Salmoniformes (salmon dan trout), Pleuronectiformes (flounder, sole, dan jenis flatfishes lainnya), Gadiformes (cod), Esociformes (pike), Clupeiformes (herring), Osmeriformes (smelt), Scorpaeniformes (rockfish dan sculpin), Perciformes (perch dan drum), Anguilliformes (eel), Cyprinodontiformes (mummichog), serta Gasterosteiformes (sticklebacks).

Ikan yang terserang VHS akan mengalami hemorragik atau pendarahan pada organ internal, kulit, dan otot. Beberapa gejala lainnya adalah infeksi yang mengakibatkan pembengkakan pata mata, kerusakan abdomen, lesi, serta tampak memar kemerahan pada organ mata, kulit, insang, dan sirip. Bentuk infeksi dan morfologi VHS disajikan pada Gambar berikut.

Bentuk infeksi dan morfologi VHS

Sumber : Penyakit Akuatik. Andri Kurniawan; Buku Saku Penyakit Ikan. DJPB

Semoga Bermanfaat...

No comments:

Post a Comment