Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Pencernaan Pada Ikan

Fungsi alat pencernaan makanan adalah untuk menyederhanakan bahan makanan menjadi bahan terlarut sehingga siap untuk diserap dan selanjutnya dimanfaatkan oleh tubuh. Macam-macam pencernaan makanan yaitu:
A. Berdasarkan prosesnya yang meliputi :
  1. Pencernaan makanan secara mekanik yang melibatkan gigi dan gerakan saluran pecernaan antara lain gerakan peristaltik, pendular, segmenter.
  2. Pencernaan makanan secara kimiawi yang melibatkan enzim hidrolisis.
B. Berdasarkan tempat pencernaan yang meliputi :
  1. Pencernaan ekstra seluler; Pencernaan makanan yang terjadi dalam rongga saluran pencernaan.
  2. Pencernaan intraseluler; Pencernaan makanan yang terjadi didalam sitoplasma / didalam sel.
Struktur dan fungsi dari bagian- bagian alat pencernaan:
  1. Saluran pencernaan meliputi mulut, rongga mulut, paring, oesephagus , lambung, philorus, usus, rectum dan anus.
  2. Kelenjar pencernaan yang meliputi hati ,empedu, dan pankreas.
Saluran pencernaan terdiri dari :
  1. Mulut. Fungsi mulut adalah alat untuk memasukkan makanan.
  2. Rongga mulut. Permukaan rongga mulut diselaputi oleh lapisan sel permukaan epitelium yang berlapis. Pada lapisan permukaan terdapat sel-sel penghasil lendir terdapat juga organ penerima rasa yang disebuttaste reseptor / taste bud. Taste bud berfungsi sebagai penyeleksi makanan yang dimakan ikan. Lidah pada ikan merupakan penebalan dari bagian depan tulang arc hyoden yang terdapat pada mulut. Pada arah yang berlawanan dengan lidah tepatnya pada langit-langit bagian belakang palatin. Organ ini merupakan penebalan dari lapisan mocusa dan fungsinya untuk memproses pemompaan air dari rongga mulut ke bagian insang.
  3. Faring. Pada bagian sisi kiri dan sisi kanan dari segmen faring terdapat insang. Pada ikan yang memperoleh makanan dengan cara menyaring plankton. Gigi faring digunakan untuk menyobek dan menggerus dan bahan tumbuhan dan Gastropoda.
  4. Eshofagus. Segmen esofagus merupakan permulaan dan saluran pencernaan yang berbentuk viva. segmen-segmen dibelakangnya terdiri dari 4 lapisan yaitu lapisan mokusa, sub mukosa, otot, lapisan sereus. Adanya lendir menyebabkan makanan dengan mudah menuju lambung tanpa merusak eshopagus.
  5. Lambung. Lambung merupakan segmen pencernaan yang diameternya relatip lebih besar. Fungsi lambung untuk menampung makanan dan mencerna makanan . Berdasarkan bentuk anatomisnya terdapat beberapa tipe lambung yaitu : a) Lambung berbentuk memanjang biasanya ditemukan pada beberapa jenis ikan karnivora, bertulang sejati. b) Lambung terbentuk fison terdapat pada ikan golongan chondrichthyes dan kebanyakan ikan teleostei. c) Lambung kaeka terdapat pada ikan polyterus , amia, anguilla.
  6. Philorus. Philorus merupakan segmen yang terletak antara lambung dan usus depan.
  7. Usus. Usus merupakan segmen terpanjang dari saluran pencernaan.
  8. Rectum. Rektum merupakan segmen saluran pencernaan yang terujung . secara hitologis batas antara segmen tersebut dapat dibedakan sehubungan dengan adanya katup rectun. Segmen rectum berfungsi dalam penyerapan air dan ion.
  9. Kloaka. Kloaka adalah ruang tempat bermuaranya saluran pencernaan dan saluran urogenital.
  10. Anus. Anus merupakan ujung dari saluran genital.
Alat pencernaan pada ikan

Sumber : Buku Dasar - Dasar Budidaya Perairan

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Alat Pencernaan Pada Ikan"