Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kapal Rawai

Kapal rawai (long liner) dalam ISSCFG terbagi lagi menjadi kapal Freezer Longliner, Factory Longliner, Wet-fish Longliner, Tuna Longliner dan Longliner nei (nei adalah yang belum teridentifikasi).
Kapal longline
Kapal rawai adalah kapal yang dilengkapi dengan pancing. Tipe kapal long line dibedakan antara tipe Eropa dan Jepang. Tipe eropa mengoperasikan seluruh tahapan operasi di buritan, sedangkan jepang setting dari buritan dan hauling di haluan. Demikian pula dengan kapal-kapal yang berasal dari Filipina, Taiwan dan Thailand. Masing-masing negara memiliki ciri khas. Namun demikian prinsip pengoperasiannya tidak jauh berbeda.
Kapal longline Jepang

Kapal long line tipe jepang umumnya memiliki geladak kerja di haluan. Kamar kemudi ditempatkan di belakang atau sedikit ke tengah. Long line umumnya di tarik dari lambung kapal (bow side) dengan menggunakan line hauler. Sedagkan setting dan penataan komponen long line di tas kapal ditentukan oleh tipe long line yang digunakan. Long liner pertengahan (Midwater longliner) umumnya berukuran kapal sedang didisain untuk enangkap ikan-ikan pelagis besar. Line hauler dan gerbang (gate) biasanya ditempakan di lambung kanan haluan. Meja setting dan line arranger ditempatkan di buritan.
Kapal longline kayu Indonesia

Kapal longline Eropa


Keterangan gambar :

Persyaratan utama untuk kapal long line adalah memiliki kecepatan dan daya jelajah (endurance) yang cukup terkait dengan fishing ground di samudra. Hasil angkapan yang berharga ini disimpanan dan dan diawetkan dengan menggunakan sistem pebekuan yang sangat efisien (efficient freezing storage)

Sumber : Supardi Ardidja. Kapal Penangkap Ikan. Sekolah Tinggi Perikanan Teknologi Penangkapan Ikan. Jakarta. 2007

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Mengenal Kapal Rawai"