Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlengkapan Kemudi Kapal Perikanan

Perlengkapan kemudi (steering gear) terdiri dari peralatan kemudi biasa dan peralatan kemudi darurat. Penataan kemudi terdiri dari penataan kemudi biasa dan penataan kemudi darurat. Pengertian darurat ini wajib ada disemua kapal sesuai dengan ketentuan kesalamatan kapal baik yang berlaku secara internasional maupun regional. Pengertian biasa adalah dimaksudkan untuk peralatan kemudi dan penataannya yang memang didisain dan dilengkapi di tas kapal untuk digunakan sehari-hari di kapal.

A. Jantran
Jantran; dipasang di kamar kemudi (bright) yang digunakan oleh Juru Mudi untuk mengarahkan daun kemudi (atau mengatur haluan kapal).
Jantran
B. Mesin Kemudi
Mesin kemudi dipasang diburitan kapal di ceruk kemudi (steering gear room), berfungsi sebagai penggerak daun kemudi yang diatur dari jantran.
Mesin kemudi
C. Daun Kemudi
Daun kemudi dipasang tepat dibawah mesin kemudi dan dibelakang propeller kapal, berfungsi meman-faatkan dorongan air olakan propeller untuk mendorong buritan kapal ke kiri atau ke kanan.
Daun kemudi
D. Kompas Kemudi
Kompas kemudi digunakan sebagai acuan Juru Mudi untuk mengarahkan haluan kapal, membelok atau mempertahankan haluan kapal. Kompas kemudi terbagi menjadi dua jenis yaitu Kompas Magnet dan Kompas Giro.
Kompas kemudi

Sumber : Supardi Ardidja. Kapal Penangkap Ikan. Sekolah Tinggi Perikanan Teknologi Penangkapan Ikan. Jakarta. 2007

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Perlengkapan Kemudi Kapal Perikanan"