Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlengkapan Dek Kapal Perikanan

Perlengkapan dek (deck equipment) terdiri dari perlengkapan sandar labuh (mooring and anchoring equipment), perlengkapan bongkar muat (stowage equipment), dan perlengkapan penangkapan Ikan (fishing equipment). Penempatan, jenis dan kekuatan perlengkapan sandar labuh dan bongkar muat baik yang dipasang tetap maupun yang bergerak telah diatur dalam peraturan keselamatan kapal. Jumlah, jenis dan kekuatan perlengkapan penangkapan ikan telah dirancang oleh perancang kapal dan dipasang sejak kapal dibangun oleh galangan kapal (ship builder) sesuai dengan peruntukkan kapal penangkapnya.

A. Perlengkapan Sandar
Perlengkapan sandar (mooring equipment) ada yang sudah dipasang tetap di kapal dan ada yang disediakan dan diganti. Pelengkapan yang sudah dipasang tetap misalnya: bolder yang dipasang di empat sudut kapal, dabra (fender) baik yang dipasang tetap maupun bergerak, tali buangan, capstan penggulung tros atau spring (neger head).
Perlengkapan sandar kapal

B. Perlengkapan Labuh
Perlengkapan sandar labuh (anchoring equipment) terdiri dari peralatan labuh jangkar, rantai jangkar (anchor chain), winch jangkar (anchor winch), ruang rantai (anchor locker), urlup jangkar dan perlengkapan rem (stopper equipment) dan sosok benda (isyarat labuh siang hari) serta lampu isyarat labuh jangkar (isyarat labuh malam hari).
Perlengkapan labuh kapal

C. Perlengkapan Bongkar Muat
Perlengkapan bongkar muat (stowage and loading equipment) terdiri dari boom, winch dan sistem kontrolnya, takal, jala muat. Penempatan dan kekuatan boom dan winch harus disyahkan oleh yang berwenang
Perlengkapan bongkar muat kapal
D. Perlengkapan Penangkapan Ikan
Perlengkapan penangkapan ikan (Fishing equipment) terdiri peralatan primer dan sekunder baik dari jenis manual maupun mekanik. Perlengkapan primer adalah perlengkapan penangkapan ikan yang tidak dapat digantikan dengan peralatan lainnya.
Perlengkapan penangkapan ikan
Sumber : Supardi Ardidja. Kapal Penangkap Ikan. Sekolah Tinggi Perikanan Teknologi Penangkapan Ikan. Jakarta. 2007

Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Perlengkapan Dek Kapal Perikanan"