Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hibridisasi Pada Kegiatan Budidaya Perikanan

Hibridisasi merupakan program persilangan yang dapat diaplikasikan pada ikan, udang, kerang-kerangan maupun rumput laut. Hasil dari program ini dapat menghasilkan individu-individu yang unggul, kadang-kadang ada juga yang steril dan dapat menghasilkan strain baru (Rustidja, 2005). Hibridisasi akan mudah dilakukan apabila dapat dilakukan reproduksi buatan seperti halnya ikan mas dan ikan nila, dimana dapat dilakukan striping telur dan sperma. Berdasarkan dari hasil penelitian oleh para ahli genetika hibridisasi dibagi menjadi dua yakni : Interspecifik hibridisasi yaitu perkawinan antara spesies yang berbeda. Intraspecipik hibridisasi yaitu perkawinan dalam satu species.
Hibridisasi pada ikan
Hibridisasi merupakan persilangan antara varitas atau spesies yang secara morfologis memiliki perbedaan. Kirpichnikov (1981), menyatakan bahwa perbedaan yang paling menonjol yang digunakan dalam hibridisasi intervaritas adalah perbedaan warna, bentuk, ukuran dan kelengkapan biologis lain yang melekat pada organ tubuh.

Hibridisasi dalam pengembangbiakan ikan sudah dikenal serta dilakukanorang untuk memeperbaiki sifat 20mbryog ikan tertentu. Hibridisasi pada ikan dapat dilakukan antara ikan ras dalam satu spesies, antara ras dalam satu genus anataragenus dalam ras satu family atau berbeda family (Hickling 1971 Dalam Syamsiah2001). Hibridisasi ini bertujuan untuk mendapatkan benih dengan sifat lebih baik dari yang dipunyai tertuanya terutama dalam pertumbuhan, kematangan gonad,ketahanan terhadap penyakit serta lingkungan buruk, dan efesiensi pemanfaatanmakanan (Hardjamulia dan Suseno dalam Syamsiah 2001).Berdasarkan konsep di atas penggunaan sperma ikan mas (Cyrinus carpio) dapat diaplikasikan pada hibridisasi ikan komet (Carassius auratus), mengingatikan mas memiliki pertumbuhan cepat, dan memiliki kekerabatan yang cukup dekat dengan ikan komet. Hibridisasi yang dilakukan diharapkan dapat menghasilkan ikan komet Hibrid yang memiliki mutu genetis yang lebih baik.

Sumber : Laporan Praktikum Genetika Ikan Ginogenesis Triploidisasi dan Hibridisasi
 
Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Hibridisasi Pada Kegiatan Budidaya Perikanan"