Friday, December 20, 2013

Peringatan Hari Nusantara dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kota Tegal

Tegal (20/12/2013). Dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap tanah air dan meningkatkan konsumsi makan ikan, Dinas Kelautan dan Pertanian Kota Tegal melaksanakan Peringatan Hari Nusantara dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Pendopo Kantor Walikota Tegal.

Sebanyak 16 sekolah yang terdiri dari  PAUD, TK dan SD yang berada di Kota Tegal diundang untuk meramaikan kegiatan. 
Wakil Walikota Tegal menyalami anak - anak dalam acara Peringatan Hari Nusantara dan GEMARIKAN

Dalam sambutannya Noor Fuady, selaku ketua panitia menyampaikan "kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Nusantara dan Memasyarakatkan makan ikan".

Selanjutnya Wakil Walikota Tegal, Habib Ali memberikan sambutan sekaligus membuka acara Peringatan Hari Nusantara dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kota Tegal. "Kita harus bangga menjadi warga negara Republik Indonesia, karena Indonesia merupakan negara yang kaya, mempunyai kekayaan alam yang melimpah terutama sumberdaya kelautan, dengan melimpahnya sumberdaya kelautan diharapkan masyarakat Indonesia terutama Kota Tegal banyak mengkonsumsi ikan baik segar maupun olahan." ujarnya. 

Ikan merupakan bahan pangan yang mempunyai keunggulan dibanding bahan pangan daging lain, diantaranya mempunyai kandungan protein yang tinggi, mempunyai kandungan Omega 3 yang sangat penting bagi pertumbuhan anak - anak serta dapat diolah menjadi berbagai macam olahan yang nikmat", tambah Habib Ali.

Untuk itu pada kegiatan ini disediakan berbagai macam olahan ikan yang dibuat oleh kelompok pengolah perikanan yang ada di Kota Tegal yakni Kelompok Maju Jaya, Kelompok Ulam Sari, dan Kelompok Harum Sari. Hidangan ini disediakan untuk anak - anak dan tamu undangan.

Selain menyampaikan mengenai hari Nusantara dan GEMARIKAN juga disampaikan mengenai bahayanya Narkoba bagi masyarakat terutama anak - anak dan remaja. Habib Ali menghimbau agar orangtua lebih menjaga anak -anaknya dan menjauhkan dari Narkoba. Apabila terlanjur terjerat Narkoba agar segera dimasukan ke Panti Rehabilitasi yang biayanya ditanggung oleh Pemerintah.

Diakhir sambutannya Wakil Walikota Tegal berpesan agar menjadikan ikan sebagai menu favorit keluarga.

1 komentar: