Tuesday, April 1, 2014

BPPP Tegal Latih Penyuluh Perikanan Budidaya Ikan Lele Padat Tebar Tinggi dan Budidaya Ikan Hias

Peserta Pelatihan Diklat Teknis Budidaya Ikan Lele Padat tebar Tinggi dan Budidaya Ikan Hias Bagi Penyuluh Perikanan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Tegal.
Sebagai ujung tombak pembangunan kelautan dan perikanan, petugas penyuluh perikanan sehari-harinya bersentuhan langsung dengan pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan, sehingga peningkatan kompetensi tenaga penyuluh perikanan mutlak diperlukan.

Moch. Muchlisin, A.Pi, MP, selaku ketua panitia kegiatan pelatihan tersebut melaporkan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDMKP) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP). Disampaikan pula bahwa paket-paket IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) kelautan dan perikanan perlu disosialisaikan kepada masyarakat namun tentunya cakupan dan jangkauan sangat terbatas. Oleh karenanya dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan para peyuluh dapat menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang didapat selama mengikuti pelatihan kepada masyarakat luas, khususnya pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah para penyuluh yang bertugas di wilayah yang memiliki potensi untuk mengembangkan budidaya ikan hias air tawar dan budidaya ikan lele. Peserta pelatihan berasal dari : Pusat Penyuluhan KP Jakarta, Kota Tegal, Kab. Tegal, Kab. Lampung Tengah, Kab. Musi Rawas, Kab. Batang, Kab. Pemalang, Kota Pekalongan, Kab. Barito Tengah, Kab. Pontianak, Kab. Cilacap, Kab. Ciamis, Kab. Temanggung, Kab. Pati, Kab. Magelang, Kota Depok, Kab. Bantul, Kab. Sleman, Kab. Cianjur, Kab. Sumedang, Kab. Bogor, Kota Blitar, Kab. Tulungagung, dan Kota Kediri.

Adapun narasumber pada kegiatan pelatihan ini berasal dari Widyaiswara dan instruktur dari BPPP Tegal serta tenaga fungsional Peneliti dan Perekayasa dari Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Air Tawar Depok.

Dalam sambutannya Ir. Moch. Heri Edy, MS, yang merupakan Kepala BPPP Tegal menyatakan bahwa kegiatan pelatihan teknis perikanan bagi penyuluh perikanan adalah langkah strategis yang harus terus dilakukan mengingat peran penting yang diemban oleh tenaga penyuluh perikanan dalam hal transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap masyarakat kelautan dan perikanan.

Sejalan dengan Kepala BPPP Tegal, Dr. Estu Nugroho yang mewakili Sekretaris Balitbang KP menyampaikan sinergitas kegiatan seperti ini sangat efektif sehingga kedepan harus terus dikembangkan agar hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Balitbang KP dapat diterima dengan baik oleh masyarakat kelautan dan perikanan.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Ir. Balok Budiyanto, MM selaku Kepala Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan. Dalam arahannya Balok mengutarakan bahwa penyuluh perikanan mempunyai peran yang sangat vital dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia kelautan dan perikanan. Seorang penyuluh harus mampu memberikan bimbingan yang bersifat teknis maupun non teknis. Balok juga menyampaikan bahwa pembangunan kelautan dan perikanan akan berhasil apabila ada partisipasi dan sinergi antara segenap stakeholder di bidang kelautan dan perikanan.

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete