Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HENKITA : Solusi Hemat Listrik Pada Usaha Tambak Anda

BPPP TEGAL (20/6) - Tambak Udang Vanamae dengan tingkat teknologi Intensif penggunaan kincir air mutlak diperlukan karena padat tebar udang yang tinggi tentu saja membutuhkan suplai oksigen yang cukup. Permasalahan yang dihadapi tambak intensif adalah beban listrik yang tinggi untuk mengoperasikan kincir tambak yang di  pasaran hampir seluruhnya menggunakan motor listrik 3 phase sehingga harus dilengkapi konverter  yang merubah motor 3 phase menjadi 1 phase.
Kincir tambak
Jaringan PLN yang masuk ke perkampungan tambak tradisional pada umumnya menggunakan 1 phase untuk merubah jadi 3 phase membutuhkan biaya cukup tinggi karena membutuhkan kabel besar dan konsumsi listrik juga besar.

Agus Widiyanto, Widyaiswara BPPP Tegal, telah berinovasi mengubah motor listrik 3 Phase menjadi 1 phase yang diberi nama oleh Kepala BPSDMKP,  Dr. Ir Suseno Sukoyono, pada acara kunjungan kerjanya ke BPPP TEGAL (Sabtu, 14/6).

HENKITA (Hemat Energi Kincir Tambak).  Kincir dengan motor listrik 3 phase memerlukan biaya perhari Rp 55.000, dengan adanya converter HENKITA dapat dihemat menjadi Rp 20.000, per hari per kincir (menghemat 50 s/d 60 persen biaya listrik/ kincir). HENKITA sedang  diuji coba di tambak BUSMETIK (Budidaya Udang Skala Mini Empang Plastik) milik Sekolah Usaha Perikanan Negeri Tegal  dengan luasan tambak 1000 m2 perpetak menggunakan kincir 4 buah . 
HENKITA hasil kreasi salah seorang Widyaiswara BPPP Tegal
Tambak udang BUSMETIK masih dalam uji coba pertama di Tegal  menggunakan padat tebar udang Vanamae 150 ekor per m2 diharapkan dalam 1 petak dapat panen udang Vanamae  1600 kg dalam waktu  90 hari.  Apabila uji coba ini berhasil maka diharapkan geliat tambak udang intensif di kota dan kabupaten Tegal dan sekitarnya  akan bergairah kembali seperti pada tahun 1990 an yang pernah jaya.

Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Tegal juga akan melatih masyarakat agar  dapat menerapkan budidaya udang dengan system Busmetik yang sekarang telah berhasil dikembangkan oleh Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta di Serang Banten, Pemerintah  Kabupaten  Pacitan , SUPM Bone Sulawesi Selatan , SUPM Ladong Aceh, dan SUPM Kota Agung Lampung. Dari hasil uji coba di  5 titik  tersebut menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Uji coba Konverter ini masih harus dievaluasi tingkat keberhasilannya terutama kemampuan supplai oksigen terlarutnya,  Agus Widiyanto bersama tim innovator dari BPPP tegal akan memantau ketersediaan oksigen dengan penerapan Henkita, kalau berhasil maka akan dapat menghemat penggunaan listrik dan mudah diterapkan petambak kecil.
oleh : HERI EDI

Untuk informasi dan pemesanan dapat menghubungi :
AGUS WIDIYANTO, S.St.Pi
081393100473

4 komentar untuk "HENKITA : Solusi Hemat Listrik Pada Usaha Tambak Anda"

  1. Barangkali berminat Air disc diffuser,
    Aplikasi :  Perawatan air, aerasi tambak udang, tambak ikan, kolam ikan/udang dan aerasi kolam wwtp.
    Dg spesifikasi sebagai berikut :

    Fine bubble diffuser ( Gel. Halus)
    - Size: 10 inch
    - Connection: NPT 3/4
    - Material: Epdm
    - Membrane Color: Black
    - Disc Colour : White
    - Single Membrane Type Without Logo
    - origin : local

    Ada juag Coarse Bubble Diffuser dan Air Seal Diffuser.
    Fikzanyuka _ Contact Us http://fikzanyuka.blogspot.co.id
    Cp :085200546631
    Bbm : 5288CF0C

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Salam Pa.

    Mohon masukannya untuk usaha tambak udang Vaname daya ideal yang diperlukan untuk pemasangan listrik baru berapa yah? apakah cukup 5,500; 6,600 atau 7,700?

    BalasHapus
  4. Mohon masukan kalau urus permohonan ke PLN pasang instalasi listrik di tambak kena biaya berapa...??? Di pertambakan daerah saya gak instalasi listrik gelap gulita... Mohon bantuannya infonya
    para senior.

    BalasHapus