Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Makhluk Aneh Penghuni Palung Mariana Bagian 1

Adalah sebuah struktur akibat kondisi geologis yang sangat masif, begitu besar dan luas sampai-sampai membuat sesuatu seperti Mount Everest hanya seperti sebuah tahi lalat jika dibandingkan dengannya, ini adalah sesuatu yang hampir tak terlihat dan sepertinya selamanya akan tetap tak bisa terlihat oleh mata manusia tanpa bantuan peralatan. Ini adalah Palung Mariana, sebuah jurang di dalam laut di kerak Bumi yang berukuran 5 kali Grand Canyon dan sangat sangat sangat dalam. 
Palung Mariana
Faktanya, Palung Mariana adalah bagian terdalam dari lautan yang ada di Bumi. Sebuah lipatan yang disebut dengan “Challenger Deep”, adalah sebuah jurang yang memiliki kedalaman 10.984 meter, dengan kata lain, jika kita mengangkat mount Everest membalikkannya dan memasukkannya ke dalam, maka puncak tertingginya akan masuk sedalam 2.134 meter.

Palung ini terbentuk ketika dua lempeng tektonik Bumi bertubrukan satu sama lain. Ketika tubrukan terjadi dalam gerakan lambat, masing-masing tepinya terdorong ke bawah membentuk bentukan huruf V, menciptakan sebuah lembah yang sangat berbeda di planet kita.Tempat ini masih menjadi sebuah tempat yang sangat asing hingga beberapa dekade, para ilmuwan pun bahkan hampir tak tahu apapun tentang apa dan bentuk kehidupan apa yang bisa bertahan di sana (jika ada). Jika kita menyelam sampai kedalaman lebih dari 1.000 meter ke dalam samudera, cahaya matahari tidak bisa menembus mencapai kedalaman ini dan tentu saja tak memungkinkan kehidupan untuk tumbuh. Suhu air juga seringkali sedikit diatas titik beku, zat makanan juga tidak banyak.
Kondisi Palung Mariana
Tekanan air di palung ini 1000 kali lebih besar daripada di permukaan. Tekanan yang begitu besar itu tentu saja akan menghancurkan hampir semua obyek, makhluk atau benda buatan manusia kecuali hewan atau peralatan yang memang didesain agar bisa bertahan di lingkungan ekstrim seperti itu. Namun meski demikian, bagian lain dari samudera ini bukannya tak berpenghuni.Sejumlah kapal selam berawak dan tak berawak telah bertemu dengan palung ini dalam beberapa waktu terakhir, sekaligus membuktikan bahwa memang benar ada organisme dan kehidupan di lingkungan yang sangat “Asing” ini. Menariknya, beberapa dari makhluk-makhluk penghuni lingkungan ekstrim ini sangat luar biasa dan juga aneh.

Mari kita menyelam lebih dalam lagi masuk ke dalam dunia misterius ini dan mengintip sambil menyapa para penghuninya. Perlu diketahui, spesies-spesies ini tidak hanya aneh dan menakjubkan tapi sebagian dari mereka juga adalah spesies yang sangat tangguh.

1. DUMBO OCTOPUS
Ini adalah seekor gurita yang memiliki penampilan unik, mengapa disebut Dumbo Octopus ? karena ia memiliki telinga kecil imut yang mirip telinga gajah pada bagian atas tubuhnya. Hewan lucu ini juga memiliki mata yang bergoyang-goyang dan mulut yang kartun abis deh. Gurita ini mungkin nampak rapuh dan lembut, tapi sebenarnya ia cukup kuat untuk dikategorikan sebagai salah satu spesies gurita yang paling tangguh dalam sains yang hidup di kedalaman ekstrim. Gurita ini banyak beraktivitas pada kedalaman antara 2.987 – 3.962 meter.
Dumbo Octopus
Ketika kita membicarakan gurita, yang terbersit di pikiran kita mungkin adalah seekor makhluk berbentuk bulat dengan delapan tentakel. Namun pada si Dumbo ini, termasuk kategori yang disebut “Umbrella Octopuses” atau “Gurita Payung”, mereka memiliki tentakel seperti jaring yang ah tentu saja sekaligus memberikan mereka penampilan seperti sebuah payung. Tidak seperti gurita pada umumnya, spesies yang satu ini tidak mengunyah makanannya dengan mulut yang seperti paruh. Namun si Dumbo langsung menelan mangsanya utuh

2. DEEP SEA DRAGONFISH
Beberapa jenis dragonfish juga berevolusi memiliki kemampuan untuk menghasilkan cahaya berwarna merah, sebuah cahaya yang tidak umum pada penghuni laut dalam. Cahaya merah ini mereka gunakan sebagai sinyal untuk berkomunikasi dengan sesamanya, namun nampaknya mereka cenderung menggunakan lampu merah ini untuk menerangi mangsa mereka sesaat sebelum melancarkan serangan. 
Deep Sea Dragonfish

3. BARRELEYE FISH
Cahaya adalah sesuatu yang sangat langka dan berharga pada laut dalam. Kemampuan untuk mendeteksi secercah cahaya matahari yang redup bisa menciptakan perbedaan signifikan antara pemangsa dan yang dimangsa. Jadi, makhluk-mahluk yang hidup di palung ini, seperti Barreleye Fish mengembangkan fitur yang tak biasa untuk memanfaatkan cahaya seredup apapun demi keuntungan mereka. 
Barreleye Fish
Seperti apa fitur anehnya ? Ikan ini memiliki kepala yang transparan, di dalamnya terdapat sepasang mata berbentuk silinder yang lebih sering menghadap ke atas, yang membantu ikan ini melihat bayangan mangsanya. Kepalanya yang transparan itu menurut para ilmuwan, adalah sebuah bentuk adaptasi agar ikan semakin mudah mengumpulkan cahaya lebih banyak.

Ikan ini masih belum dikenal manusia sampai tahun 1939, ketika ikan ini berhasil diangkat dari habitatnya (pada kedalaman 762 meter). Bahkan spesimen ikan tersebut akhirnya mati akibat perubahan tekanan dari kedalaman berubah ke tekanan perairan dangkal. Saat ini, para peneliti memiliki perangkat ROV (Remotely Operated Vehicles) untuk melakukan penyelaman di kedalaman ekstrim, dengan dilengkapi lampu dan kamera yang tahan terhadap tekanan ekstrim, mereka bisa mengamati dan mempelajari ikan ini lebih dekat lagi. Meski demikian, ikan aneh ini masih menyimpan banyak misteri, membuat banyak ilmuwan masih diliputi penasaran dan ketidaktahuan tentang siklus hidupnya serta pola reproduksinya.

4. BENTHOCODON
Meski sebagian besar jenis ubur-ubur memiliki tubuh yang transparan, Benthocodon memiliki warna kemerahan pada perutnya. Para ilmuwan meyakini bahwa warna ini membantu menutupi cahaya bioluminens dari hewan kecil yang menjadi santapan ubur-ubur dan sekaligus menyembunyikan Benthocodon dari bahaya yang mengancam. Seperti kebanyakan hewan yang hidup di palung ini, spesies ini masih merupakan sebuah misteri bagi para ilmuwan.
Benthocodon

5. SEADEVIL ANGLERFISH
Jika seekor ikan memiliki nama “Devil” maka tidak heran jika nampak menakutkan. Seadevil anglerfish adalah contoh perwujudan akan hal itu, memiliki karakteristik yang unik namun sekaligus aneh. Seperti namanya yang sudah sangat jelas menunjukkan wujudnya, ikan ini adalah makhluk yang dapat berenang langsung dari dalam neraka dengan bentuk tubuhnya yang seperti cacat, gigi setajam silet dan tatapan mata yang dingin. Meskipun mereka aneh dan penampilannya menakutkan, setidaknya ukuran mereka tidaklah besar.
Seadevil Anglerfish
Ikan betina umumnya maksimal tumbuh mencapai 20 cm panjangnya sementara yang pejantan berukuran lebih kecil, sekitar 2,5 cm. Dengan pola reproduksi mereka yang aneh, sang pejantan akan menggabungkan diri dengan betina, sirip mereka, gigi mereka dan mata mereka menghilang, diiringi dengan beberapa organ dalam, dan akhirnya dua individu itu pun menyatu. Yang tersisa dari tubuh si pejantan menjadi tempat penyimpanan sperma yang akan membantu membuahi telur si betina ketika waktunya tiba.

Ikan ini tidak memburu mangsanya, melainkan ia memancing dengan cara yang unik, ia memiliki semacam tonjolan di dahinya yang menjuntai dengan cahaya sebagai umpannya. Dengan rahangnya yang berukuran besar, ikan ini dapat menelan mangsa yang ukurannya lebih besar dari ukuran tubuhnya sendiri.


Posting Komentar untuk "10 Makhluk Aneh Penghuni Palung Mariana Bagian 1"