Lalaukan

Informasi dunia kelautan dan perikanan serta kegiatan penyuluhan perikanan

Friday, May 3, 2019

Jenis - Jenis Penyakit Bakterial Pada Ikan

Beberapa penyakit ikan yang disebabkan oleh bakteri mengakibatkan kematian yang besar baik di alam maupun dalam kegiatan budidaya ikan. Sejumlah bakteri mampu hidup di perairan dan sering juga ditemukan pada setiap komponen akuatik. Sebagian besar bakteri termasuk dalam bagian mikroflora normal di dalam suatu lingkungan perairan. Bakteri tersebut umumnya sebagai mikroorganisme patogen yang opurtunis dan penyebab infeksi sekunder, hanya sedikit bakteri yang bersifat patogen obligat. Meskipun demikian bakteri dapat hidup dalam waktu yang lama dalam jaringan inangnya tanpa menimbulkan gejala klinik. Gejala klinik penyakit bakterial umumnya tarnpak setelah sebelumnya didahului oleh perubahan fisiologi di dalam tubuh inangnya. Oleh karena itu, untuk mengetahui mekanisme infeksi bakteri pada ikan, harus dipahami hubungan antara bakteri (patogen), gejala klinik, inang, dan lingkungannya.
Salahsatu Ikan Yang Terkena Penyakit Bakteri
Penyakit bakterial merupakan salah satu masalah utama di dalam usaha budidaya, terutama berkaitan dengan penurunan produksi. Perlakuan untuk mengurangi infeksi penyakit bakterial dalam kegiatan budidaya dapat dilakukan dengan tindakan pencegahan melalui penanganan yang baik dan mempertahankan kondisi lingkungan yang optimal bagi inang, tetapi tidak cukup baik bagi perkembangan bakteri.

Penyakit bakterial pada ikan biasanya menunjukkan gejal-gejala klinik yang hampir serupa. Infeksi bakteri akan menunjukkan perubahan abnormal (lesi) pada kulit atau sirip, jaringan otot, dan organ-organ internal. Penentuan spesies bakteri yang menginfeksi tidak bisa langsung secara visual, melainkan diuji dalam skala laboratoris baik pengujian morfologi maupun biokimiawinya.

Sejumlah bakteri yang sering ditemukan menginfeksi ikan antara lain :
1. Aeromonas sp, selengkapnya silahkan baca disini
2. Vibrio anguillarum, selengkapnya silahkan baca disini
3. Flexibacter columnaris, selengkapnya silahkan baca disini
4. Pseudomonas sp, selengkapnya silahkan baca disini
5. Edwardsiella sp, selengkapnya silahkan baca disini
6. Yersinia ruckeri, selengkapnya silahkan baca disini

Sumber : Penyakit Akuatik. Andri Kurniawan; Buku Saku Penyakit Ikan. DJPB

Semoga Bermanfaat...

No comments:

Post a Comment