Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendederan Benih Ikan Manfish

Kegiatan pendederan benih ikan manfish adalah kegiatan dalam rangka memelihara ikan manfish dari ukuran post larva menjadi ukuran benih. Dalam kegiatan pendederan dilakukan beberapa persiapan diantaranya persiapan wadah pendederan, pemberian pakan dan penanganan hama penyakit ikan manfish.
Benih ikan manfish
Akuarium Pemeliharaan Benih
Akuarium pemeliharaan benih berukuran 80 x 40 x 40 cm3. Sebelum digunakan akuarium dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan spons hingga bersih. Kemudian diisi air dengan ketinggian 30 cm. Air yang digunakan berasal dari bak tandon yang telah diendapkan selama 24 jam dan setelah itu dapat diberi aerasi.

Penebaran Benih
Proses penebaran benih dilakukan pada pagi hari saat suhu rendah dan dilakukan secara aklimatisasi yaitu penyesuaian pada kondisi lingkungan yang baru.

Pemberian Pakan
Benih Pterophyllum scalare dapat diberi pakan berupa nauplii Artemia hingga berumur 16 hari, kutu air hingga berumur 42 hari, dan setelah itu dilanjutkan dengan pemberian cacing sutera sampai benih berumur 5 bulan. Pakan diberikan secara adlibitum, dengan frekuensi pemberian pakan sebanyak 3 kali yaitu pada pagi, siang dan sore hari. Pakan cacing sutera dapat dilihat pada Gambar.
Cacing sutera merupakan salahsatu pakan benih ikan manfish

Pengelolaan Kualitas Air
Pengelolaan kualitas air pada akuarium pemeliharaan benih dilakukan dengan penyiphonan sebanyak satu kali setiap hari dengan penambahan air baru sesuai dengan volume air kotor yang terbuang. Pengisian air menggunakan air yang telah diendapkan terlebih dahulu dan kemudian diaerasi untuk menjaga kadar oksigen dalam air.

Pemanenan Benih
Benih yang telah berumur sekitar satu bulan dapat dihitung nilai kelangsungan hidup atau Survival Rate (SR) dengan menggunakan rumus di bawah ini:
Sampling Pertumbuhan
Sampling pertumbuhan dilakukan setiap minggu untuk mengetahui rata–rata laju pertumbuhan panjang larva.

Alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan sampling adalah: centong, penggaris, dan larva Pterophyllum scalare. Cara kerja dalam melakukan sampling adalah sebagai berikut:
  1. Larva Pterophyllum scalare diambil bersama airnya dengan menggunakan centong.
  2. Diukur panjang larva dengan menggunakan penggaris.
  3. Setelah itu larva dimasukkan kembali ke dalam akuarium.
Sumber : Laporan Pemijahan Ikan Manfish di BRBIH Depok

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Pendederan Benih Ikan Manfish"