Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlengkapan Navigasi Kapal Perikanan

Perlengkapan lampu navigasi (navigation light equipment) terdiri dari lampu-lampu identitas kapal (lampu tiang, lampu lambung, lampu buritan), lampulampu khusus sebagai isyarat tambahan identitas kapal baik dalam bernavigasi, operasi penangkapan, berlabuh, dan lain-lain keadaan khusus), dan sosok benda.
Lampu navigasi yang dipasang pada tiang utama

Lampu pada lambung kiri dan kanan

Posisi lampu navigasi utama

PERLENGKAPAN PENENTUAN POSISI KAPAL
Perlengkapan penentuan posisi secara umum terbagi dalam dua kategori, yaitu perlengkapan penentuan posisi dengan menggunakan peralatan penentuan posisi biasa (common position fixing equipment) dan dengan menggunakan peralatan penentuan posisi elektronik (electronic position fixing equipment) 
Perlengkapan penentuan posisi biasa

Standar kompas

Azimuth Mirror

Sextant

Chronometer

Star finder

Divider
Radar (Range and Direction); digunakan untuk menentukan posisi dengan sistem baringan dan jarak. Alat ini juga dapat digunakan dalam menghindari kapal dari bahaya tubrukan dengan kapal lain dengan menggunakan sistem pemindaian CPA (Closes Point Approach). Radar mutlak memerlukan sumber daya AC/DC 
Radar scanner

Radar monitor

Radar plotter

RDF; (Radio direction Finder) digunakan untuk menentukan arah sekaligus juga posisi kapal dengan menggunakan sistem baringan radio, saat sistem penentuan posisi lainnya tidak mampu menentukan posisi kapal. RDF sangat baik jika digunakan untuk menentukan haluan Homing dengan membaring radio pantai pelabuhan tujuan.
RDF

Sumber : Supardi Ardidja. Kapal Penangkap Ikan. Sekolah Tinggi Perikanan Teknologi Penangkapan Ikan. Jakarta. 2007

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Perlengkapan Navigasi Kapal Perikanan"