Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlengkapan Labuh Kapal Perikanan

Perlengkapan sandar labuh (anchoring equipment) terdiri dari peralatan labuh jangkar, rantai jangkar (anchor chain), winch jangkar (anchor winch), ruang rantai (anchor locker), urlup jangkar dan perlengkapan rem (stopper equipment) dan sosok benda (isyarat labuh siang hari) serta lampu isyarat labuh jangkar (isyarat labuh malam hari).

A. Penataan Jangkar
Penataan jangkar secara umum terdiri dari, Jangkar (anchor), Rantai Jangkar (anchor chain), Urlup jangkar (Hawspipe), Rem Rantai (chain stopper), Mesin pemutar rantai (Gipsy atau anchor winch) dan ceruk rantai (Chain locker). Urlup adalah saluran berbentuk pipa sebagai alur rantai jangkar saat diarea maupun dihibob.
Penataan jangkar
B. Winch Jangkar
Winch Jangkar (windlass) dipasang di geladak haluan (Pop deck). Winch ada yang digerakkan dengan sistem hidrolik dan ada juga dengan sistem elektrik. Pada kapal-kapal modern winch dikontrol dengsn sistem elektrik, namun tetap dilengkapi dengan alat kontrol manual seperti pada kapal-kapal konvensional.
Winch jangkar
C. Jangkar
Jangkar (Anchor) jenis dan ukurannya sangat beragam tergantung kenbutuhan dan bobot kapal. Jenis dan ukuran jangkar ditentukan oleh para perancang kapal dan disyahkan oleh yang berwenang. Jangkar yang harus ada di kapal adalah jangkar haluandan jangkar buritan atau dikenal juga dengan jangkar arus.
Jangkar haluan (Stockless anchor) dan Jangkar buritan (jangkar arus)
D. Rantai Jangkar
Rantai Jangkar (Anhor chain) memiliki bentuk dan ukuran yang spesifik. Rantai jangkar terdiri dari rantai biasa dan rantai bersengkang). Penggunaan dan pemasangan rantai jangkar harus disyahkan oleh yang berwenang.
Rantai jangkar

Sumber : Supardi Ardidja. Kapal Penangkap Ikan. Sekolah Tinggi Perikanan Teknologi Penangkapan Ikan. Jakarta. 2007

Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Perlengkapan Labuh Kapal Perikanan"