Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemanenan Kerang Hijau

Pemanenan kerang hijau disesuaikan dengan metode budidaya, laju pertumbuhan, lama pemeliharaan, ukuran pasar (marketable size) dan kualitas yang dikehendaki. Ukuran konsumsi kerang hijau antara 6 – 8 cm atau kerang sudah gemuk (matang gonad). Setelah dipelihara selama 7 bulan, kerang hijau dapat mencapai ukuran 7,6 – 8,6 cm, dari ukuran awal 2 – 3 cm atau pertumbuhan rata-rata per bulan + 0,8 cm.
Kegiatan panen kerang hijau
Pemanenan dilakukan sebelum musim hujan, untuk menghindari angin kencang yang dapat menghancurkan kolektor. Budidaya dengan metoda rakit, longline lebih mudah lagi cara panennya, kolektor tali/gantung yang penuh berisi kerang diangkat dan dibawa ke darat selanjutnya kerang dengan menggunakan pisau dilepaskan satu persatu dari kolektor.

Berikut diuraikan prosedur panen kerang hijau metode Tali Rentang :
  1. Kolektor/tali gantung yang berisi kerang hijau siap panen diangkat dan dikumpulkan disampan/perahu kecil
  2. Lakukan pengumpulan tali yang berisi kerang hijau hingga selesai
  3. Tali gantung berisi kerang hijau yang sudah terkumpul kemudian dibawa kedarat menggunakan sampan
  4. Lepaskan kerang dari tali kolektor satu persatu dengan menggunakan pisau hingga semua kerang di tali kolektor terpisah
  5. Kerang yang telah terpisah dari tali kolektor kemudian dikumpulkan dan dicuci serta dibersihkan dari kotoran dan lumpur
  6. Kerang hijau yang masih menempel satu sama lain dipisahkan dengan cara memotong serabut penempelnya (byssus)
  7. Setelah bersih dan terpisah satu sama lain, kerang hijau kemudian dikumpulkan ke dalam kontainer/bak yang berisi air laut mengalir.
  8. Perlakukan tersebut dilakukan selama 24 jam untuk menghilangkan lendir dan lumpur serta menghindarkan kerang hijau dari kemungkinan tercemar oleh kondisi lingkungan perairan budidaya
  9. Kerang hijau yang telah mengalami perlakuan tersebut atau dikenal dengan istilah DEPURASI siap untuk dijual dan dikonsumsi.
  10. Kerang hijau yang telah didepurasi dapat juga dilakukan perebusan untuk mempermudah proses pengupasan cangkang atau pemisahan daging kerang yang selanjutnya bisa langsung dijual atau dikonsumsi.
Sumber : Budidaya Kerang Hijau Metode Longline

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Pemanenan Kerang Hijau"