Thursday, March 20, 2014

BPPP TEGAL ADAKAN GELAR PELATIHAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

Dalam rangka meningkatkan kompetensi pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan, serta mendukung program – program Kementerian Kelautan dan Perikanan (Industrialisasi, Blue Economy, PUGAR, Kesetaraan Gender dan PKN) Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP)  Tegal menyelenggarakan kegiatan Gelar Pelatihan Kelautan dan Perikanan yang diikuti oleh 190 orang peserta.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 4 hari bertempat di Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Tegal ini bertujuan untuk meningkatkan komptensi pelaku utama dan pelaku usaha kelautan dan perikanan serta menubuhkan wirausahawan baru di bidang kelautan dan perikanan.

Adapun jenis kompetensi yang dilatihkan meliputi pengolahan hasil perikanan, pembenihan ikan lele, pembesaran ikan lele di kolam tanah, pembesaran ikan lele sistem bioflok, pembenihan ikan gurame, pembesaran ikan gurame, budidaya kepiting soka, pembuatan kerajinan kulit kerang, penyemaian mangrove, pembuatan garam skala rumah tangga, pembuatan pakan ikan dan perbaikan mesinperikanan.

Pada kesempatan kali ini perekrutan calon peserta pelatihan sedikit berbeda, biasanya pihak BPPP Tegal mengirimkan surat kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota atau BP4K untuk menyediakan calon peserta, tetapi kali ini BPPP Tegal menggunakan media cetak, website BPPP Tegal, media sosial untuk mengumumkan kegiatan tersebut dan hasilnya diluar dugaan ternyata peminatnya luar biasa. Dari kuota yang ditetapkan sebanyak 190 orang tercatat pendaftar sebanyak 600 orang, sehingga dilakukan seleksi berdasarkan bidang pekerjaan yang ditekuni saat ini serta motivasi calon peserta untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Untuk mengetahui efektifitas metode perekrutan peserta serta penyelenggaraan pelatihan, pihak BPPP Tegal akan melakukan monitoring dan evaluasi 6 bulan setelah peserta mengikuti pelatihan. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini maka peserta dapat meningkatkan kompetensi dibidang usahanya atau dapat menjadi wirausahawan baru dibidang kelautan dan perikanan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya serta membuka lapangan pekerjaan baru dibidang kelautan dan perikanan.

Direncanakanpada akhir pelaksanaan pelatihan yakni pada hari Minggu tanggal 23 Maret 2014 akan dilakukan gelar produk hasil pelatihan yang dapat dihadiri oleh masyarakat umum dengan tujuan dapat lebih menarik minat masyarakat untuk melakukan usaha dibidang kelautan dan Perikanan.

Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment