Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang Lingkup Penyuluhan

Penyuluhan dalam arti umum adalah ilmu social yang mempelajari system dan proses perubahan pada individu serta masyarakat agar dapat terwujud perubahan yang lebih baik sesuai dengan yang diharapkan (Setiana. L. 2005). Penyuluhan dapat dipandang sebagai suatu bentuk pendidikan untuk orang dewasa. Dalam bukunya A.W. van den Ban dkk. (1999) dituliskan bahwa penyuluhan merupakan keterlibatan seseorang untuk melakukan komunikasi informasi secara sadar dengan tujuan membantu sesamanya memberikan pendapat sehingga bisa membuat keputusan yang benar. [sumber]

Dalam pelaksanaannya penyuluhan mempunyai ruang lingkup yang diharapkan dapat membuat kehidupan pelaku utama menjadi lebih baik, hal ini tergambar dari ruang lingkup penyuluhan sebagai berikut :
Ilustrasi Penyuluhan [sumber]
1.Teknik Berproduksi Yang Lebih Baik (Better Farming). 
Dimaksud meningkatkan produksi seoptimal mungkin dengan penerapan teknologi penangkapan dan budidaya yang lebih efektif dan efisien, tanpa merusak lingkungan. Untuk memperoleh hasil produksi yang lebih baik diperlukan adanya manajemen yang baik pada setip kegiatan perikanan. Selengkapnya silahkan baca disini.

2. Berusaha Yang Lebih Menguntungkan (Better Businness).
Dimaksudkan mengelola usaha harus secara efisien dan mengikuti serta memanfaatkan perkembangan dari permintaan dan harga pasar,untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya baik dalam pengelolaan maupun dalam penyimpanan hasil produksi. Selengkapnya silahkan baca disini.

3. Kehidupan lebih sejahtera (Better Living).
Dimaksudkan masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan penyuluhan dapat hidup layak, artinya cukup makan makanan yang bergizi, kesehatan terpelihara, memiliki tempat tinggal yang memadai, berpakaian yang pantas dan selalu menjaga/  mempertahankan (memelihara) kebersihan, kedamaian dan keindahan,baik di lingkungan keluarganya sendiri maupun di lingkungan masyarakat sekitarnya. 

4. Bermasyarakat Yang Yebih Baik (Better Community).
Perkembangan tatanan sosial yang dapat mewujudkan terciptanya iklim masyarakat yang kreatif, produktif yang berkesinambungan. 

5. Terciptanya Lingkungan Yang Lebih Baik (Better Environment).
Dimaksudkan untuk mewujudkan lingkungan yang lebih sehat, bersih dengan seminimal mungkin. Adanya pencemaran, polusi dan suasana lingkungan aman, tertib, teratur. 

Sumber : Materi Ruang Lingkup dan sasaran Penyuluhan

Semoga Bermanfaat...

1 komentar untuk "Ruang Lingkup Penyuluhan"

  1. penyuluhan memang menjadi salah satu hal yang penting untuk perkembagnan peternakan dan pertanian, good info!
    iweblogsite

    BalasHapus