Monday, August 6, 2018

Ikan Khas Sungai di Indonesia

Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). [wikipedia]. Perairan sungai menciptakan ekosistem tersendiri bagi makhluk hidup untuk berkembang biak.

Dari sekian banyak makhluk hidup yang memanfaatkan sungai untuk hidup dan berkembang biak, ikan air tawar merupakan makhluk hidup yang banyak ditemui di ekosistem sungai.

Ikan - ikan sungai merupakan jenis ikan yang hidup dan berkembang biak diperairan sungai. Beberapa jenis ikan sungai sudah diintroduksi sehingga dapat dipelihara secara intensif oleh manusia dengan menggunakan media kolam dan diberi pakan buatan seperti ikan tawes, ikan nilem, ikan mas, ikan nila, udang galah, sidat dan sebagainya.
Berbagai jenis ikan sungai [sumber]
Berbicara mengenai ikan sungai khas Indonesia saat ini banyak yang belum diintroduksi dan dibudidayakan secara intensif dikarenakan susah direproduksi dan belum bisa memanipulasi lokasi budidaya. Namun ikan - ikan tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan dan menguntungkan secara ekonomi. Apabila dilihat dipasaran harga ikan sungai rata - rata mempunyai harga jauh diatas ikan hasil budidaya, hal ini dikarenakan masih sedikitnya hasil tangkapan namun permintaan tinggi.

Dengan adanya peluang pengembangan ikan sungai tersebut sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis - jenis ikan sungai khas Indonesia yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan memiliki keuntungan secara ekonomi.

Berikut adalah beberpa jenis ikan - ikan sungai khas Indonesia :
1. Ikan Balar / Lalawa
2. Ikan Hampala
3. Ikan Baung
4. Ikan Gabus
5. Ikan Jeler / Uceng

 Semoga Bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment