Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemijahan Ikan Manfish

Pemijahan merupakan salah satu cara menghasilkan keturunan untuk menjaga kelangsungan hidup dan kelestarian ikan tersebut. Pemijahan ikan Pterophyllum scalare dapat berlangsung sepanjang tahun. Proses pemijahan induk dilakukan melalui seleksi induk, persiapan wadah pemijahan, dan teknik pemijahan yang tepat.
Pemijahan ikan mafish
Seleksi Induk
Seleksi induk perlu dilakukan sebelum proses pemijahan, dengan tujuan untuk mendapatkan pasangan induk yang unggul yang sudah siap memijah. Perbedaan induk jantan dan betina Pterophyllum scalare dapat dilihat pada Tabel dan Gambar berikut.
Tabel perbedaan jantan dan betina ikan manfish

Ciri-ciri induk yang siap memijah antara lain telah matang gonad, sehat (tidak terserang penyakit), tidak cacat (anggota tubuh lengkap), gerakannya lincah, berumur antara 7 sampai 12 bulan, dan panjang tubuhnya antara 7,5 sampai 10 cm (Susanto, 2000).

Ciri-ciri induk Pterophyllum scalare yang telah matang gonad yaitu pada induk jantan gerakannya lebih agresif dan berenang mengikuti induk betina, sedangkan pada induk betina bagian perutnya sedikit membesar dari biasanya dan saluran lubang kelaminnya menonjol.

Persiapan Wadah Pemijahan
Wadah yang digunakan untuk pemijahan induk Pterophyllum scalare adalah akuarium berukuran 80 x 40 x 40 cm3. Sebelum digunakan, akuarium dibersihkan terlebih dahulu kemudian diisi air dengan ketinggian 30 cm. Air yang digunakan bersumber dari air tanah (sumur bor) yang telah diendapkan di bak penampungan selama 24 jam. Kemudian diberi aerasi dan juga paralon sebagai substrat penempelan telur.

Teknik Pemijahan
Teknik yang digunakan dalam pemijahan induk Pterophyllum scalare adalah teknik pemijahan secara alami dengan memassalkan induk-induk jantan dan betina dalam satu wadah yang kemudian induk akan memisah secara berpasangan dan dipindahkan ke akuarium pemijahan. Perbandingan antara induk jantan dan induk betina adalah 1 : 1. Pemijahan ini biasanya berlangsung pada sore hari atau pada saat suasana sepi dan tenang. Sebelum memijah, induk jantan dan induk betina akan berenang mengelilingi tempat pemijahan, kemudian kedua induk bergantian membersihkan substrat (paralon) dengan menggunakan mulutnya.
Ikan manfish sedang memijah

Saat pemijahan, induk jantan mulai berenang di samping induk betina, sampai akhirnya induk betina mengeluarkan telurnya sedikit demi sedikit dan menempelkan telurnya di permukaan substrat secara vertikal ke arah atas, setelah itu dilanjutkan dengan pembuahan oleh induk jantan dengan cara menyemprotkan spermanya pada telur-telur yang menempel pada permukaan substrat tersebut.

Setelah selesai memijah, kedua induk akan saling bergantian menjaga telur-telurnya dan mengipas-ngipas siripnya untuk memberikan tambahan oksigen pada telur - telurnya. 

Sumber : Laporan Pemijahan Ikan Manfish di BRBIH Depok

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Pemijahan Ikan Manfish"