Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Koperasi Perikanan

MANFAAT SECARA EKONOMI
Secara ekonomi dengan keberadaan Koperasi menjadikan aktivitas ekonomi pada masyarakat setempat dapat berjalan dangan baik. Beberapa indikator yang dapat dilihat antara lain:
Logo Koperasi Indonesia
  1. Kemudahan bagi nelayan untuk menjual hasil tangkapannya dengan harga yang lebih adil, karena adanya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang dikelola oIeh Koperasi 
  2. Tersedianya es sebagai salah satu bahan baku utama dalam unit penangkapan ikan secara kontinyu dari pabrik es yang dibangun oleh Koperasi, sehingga nelayan tidak Peru jauh-jauh untuk memperoleh es.
  3. Pembangunan tempat pengepakan ikan Koperasi mempermudah proses pemasaran hasil tangkapan para nelayan, karena produk dapat dikemas dengan lebih baik dan terhindar dari kerusakan.
  4. Penyediaan kredit oleh Koperasi sangat membantu para nelayan, pedagang atau bakul, dan pengoJah hasil perikanan untuk mengembangkan usahanya.
  5. Keberadaan SPDN sebagai penyedia BBM bagi nelayan sangat membantu, karena harga BBM yang ditetapkan lebih murah dan tersedia dengan lancar yang semuanya ini mengefesienkan uasaha tangkap nelayan.
  6. Penyediaan bahan alat perikanan (BAP) sangat membantu nelayan untuk memperoleh peralatan penangkapan dengan harga yang lebih murah dan dapat diperoleh dengan cepat, jika dibandingkan nelayan harus pergi ke daerah lain. 
  7. Penyediaan jasa telekomunikasi, pertokoan dan pujasera oleh Koperasi menjadikan masyarakat di balanakan mudah untuk memperoleh akses komunikasi dan keperluhan barang sehari-hari.
MANFAAT SECARA SOSIAL
Secara sosial peran Koperasi dalam pembangunan wilayah juga tidak kalah pentingnya dengan peran ekonominya, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan maupun dalam kegiatan kemasyarakat lainnya. Beberapa hal yang dapat disebutkan antara lain:
  1. Pembangunan fasilitas ibadah (mesjid) dan pembinaan majelis taklim oleh Koperasi membantu masyarakat untuk menjalankan ibadahnya dengan baik
  2. Penyediaan lahan untuk pembangunan Sekolah dasar (SD) dan pemberian beasiswa yang bekerjasama dengan pisahk swasta juga turut berperan dalam meningkatkan kualitas SDM anak nelayan 
  3. Penyediaan perumahan sebanyak bagi nelayan juga telah membantu nelayan untuk memperoleh kebutuhan dasar papan.
  4. Dalam kegiatan kemasyarakatan, koperasi banyak tertibat dalam penyelenggaraan pesta yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat nelayan setiap tahun seperti Pesta Nelayan. 
  5. Koperasi juga memberikan santunan kepada orang jompo anak yatim, penyaluran bantuan bahan pangan dan dana paceklik untuk para nelayan, pembinaan kelompok nelayan dan wanita nelayan, selta sosialisasi kesadaran hukum.
  6. Dalam bidang kesehatan juga terlibat dalam penyediaan air bersih, kegiatan KB, donor darah, posyandu antara lain dengan penyediaan lahan posyandu, dan turut menyukseskan program Pekan Imunisasi Nasional (PIN)
Sumber : M. Pattekai, Nurfaidah, Sitti Normawati, Verderika Natanggara. Kelembagaan Koperasi Perikanan. 2017. Universitas Hasanuddin.

Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Manfaat Koperasi Perikanan"