Monday, September 30, 2013

Kunjungan Anggota DPR - RI Ke P2MKP Mina Pantura (Lele Sistem Bioflok)

Dengan semakin menurunnya hasil tangkapan ikan dari laut dan terbatasnya lahan untuk budidaya ikan, maka dituntut adanya innovasi dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan seiring dengan pertambahan penduduk yang semakin pesat. Budidaya ikan lele dengan sistem Biofloc merupakan salah satu inovasi dalam rangka pemenuhan kebutuhan protein disamping juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Biofloc berasal dari kata Bios yang artinya kehidupan dan Floc (Flock) berarti gumpalan, jadi sistem Biofloc adalah sistem budidaya ikan dengan memanfaatkan bakteri untuk menguraikan senyawa nitrogen anorganik (terutama amoniak yang bersifat racun bagi ikan) didaur ulang menjadi protein sel mikroba dengan bantuan aerasi maka akan membentuk gumpalan sehingga dapat dimakan oleh biota pemakan detritus antara lain ikan lele, nila dan udang.

Budidaya lele dengan sistem Biofloc ini juga telah menarik perhatian anggota DPR-RI Komisi II (Mantan Ketua Komisi IV bidang pertanian, perikanan dan kehutanan) Drs. H. Akhmad Muqowam, sehingga pada hari minggu, 22 September 2013 telah melakukan kunjungan ke P2MKP Mina Pantura Desa Gebang Kerep Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. 

Setelah melihat kegiatan budidaya lele sistem Biofloc, dalam sambutannya Muqowam menyampaikan bahwa ketahanan pangan itu ada dua yakni ketahanan pangan dari hasil produksi sendiri dan ketahanan pangan dari beli atau import. Ketahanan pangan dari produksi sendiri inilah yang disebut dengan kedaulatan pangan dan sudah saatnya masyarakat mengubah pola pikir dari ketahanan pangan menjadi kedaulatan pangan.

1 komentar:

  1. Saya memfokuskan usaha pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan bibit
    lele
    sangkuriang. Untuk wilayah Solo
    dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses dalam
    berternak lele. Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual bibit saja.
    Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah panen
    akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Bila Anda butuh lele
    konsumsi saya juga siap. Semua
    harga bisa dinego. Pelanggan
    adlah raja. Saya ingin Anda
    untung besar, kapanpun Anda
    sms pasti secepatnya kami
    balas, pelayanan kami adalh yg
    utama. Anda sukses saya jg ikut
    sukses itu prinsip saya. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo
    meganmahmud@gmail.com
    BalasHapus

    ReplyDelete